Technologue.id, Jakarta – Tak hanya iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Apple ternyata juga memperkenalkan produk jam tangan pintar baru besutannya. Smartwatch anyar andalan Apple itu diperkenalkan sebagai Apple Watch Series 2 atau disingkat S2.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California itu mengklaim produk ini jadi perangkat berlayar paling terang yang pernah dibuat Apple. Produk ini dibanderoli harga USD 369 atau hampir Rp 4,8 juta di versi standar dan bakalan tersedia mulai tanggal 16 September mendatang.

Apple Watch S2 dibekali GPS langsung yang berguna melacak jarak pengguna dan kecepatannya berlari, berjalan maupun bersepeda serta dalam aktivitas lainnya. Perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs itu bakalan membuka peluang bagi pengembang aplikasi memanfaatkan GPS di perangkat ini.

Menariknya, Apple membekali kemampuan tahan air yang lebih baik di generasi sebelumnya. Pengguna Watch S2 bisa membawa jam tangan canggih itu berenang di dalam air hingga kedalaman 50 meter, sesuai standar industri jam tangan renang.

Tak lupa, Apple meningkatkan kualitas segel dan perekat yang ada di Watch S2 supaya mendukung kemampuan barunya itu. Perangkat ini juga dibenami sistem speaker unik yang akan bergetar untuk mengeluarkan air setelah dipakai berenang.

Apple sendiri disebutkan memang fokus pada pengembangan kemampuan jam tangannya di air. Sebab, perusahaan itu melibatkan 700 perenang yang dianalisa untuk mendeteksi kebugaran, efisiensi perangkat dan peningkatan akurasi dari waktu ke waktu.

Jeroan Watch S2 dibekali sistem on chip dual core baru yang memberikan kinerja yang lebih tinggi. Dalam demo yang dilakukan, aplikasi astronomi yang dijalankan mengungkapkan perangkat ini mampu menampilkan gerakan 60 frame per detik.

Material yang dipakai jam tangan ini aluminium atau stainless steel, serta keramik putih pilihan terbaik Apple yang membuatnya ‘bersinar layaknya mutiara’ serta empat kali lebih keras daripada stainless steel biasa.

Apple sudah bekerjasama dengan Nike untuk melahirkan Apple Watch Nike+. Produk ini dirancang khusus bagi pelari yang dilengkapi fitur bisa melar, tali berlubang dan rangka aluminium yang ringan namun tetap kuat. Produk ini bakalan tersedia di pasaran pada bulan Oktober.

Baca juga :
IPHONE 7 RESMI LAHIR TANPA JACK AUDIO
AIRMOUNT, HUBUNGKAN IPHONE DAN MAC TANPA KABEL ATAU INTERNET
PENDIRI APPLE TAK MAU IPHONE KEHILANGAN HEADPHONE JACK