Asia IoT Business Platform 2019 Angkat Industri 4.0

Technologue.id, Jakarta – Konferensi Asia IoT Business Platform (AIBP) ke-32 telah digelar di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, pada 28-29 Agustus 2019.

Di dalam penyelenggaraan tahun keenam di Indonesia, konferensi AIBP fokus pada topik “Indonesia 4.0” yang didorong oleh Kementerian Perindustrian RI dan “Smart City & Digital Economy” dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

“IoT memainkan peran penting dalam banyak inisiatif transformasi digital dan edisi ke-32 dari Asia IoT Business Platform ini akan menghadirkan diskusi mendalam tentang IoT dan pameran teknologi IoT terbaru guna membantu perusahaan di negara ini dalam mengadopsi strategi transformasi digital yang tepat,” ujar Irza Suprapto, Direktur Asia IoT Business Platform, di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Pemerintah telah meluncurkan inisiatif Making Indonesia 4.0, suatu roadmap terintegrasi untuk mengimplementasikan beberapa strategi digital dalam rangka transisi industri di Indonesia menuju era Industri 4.0. Industri kunci dalam roadmap ini adalah industri makanan dan minuman, otomotif, elektronika, kimia, tekstil, dan garmen.

Sebuah survei tahunan yang dilaksanakan oleh Asia IoT Business Platform terhadap 1.624 profesional bisnis dan teknologi informasi di seluruh Asia Tenggara mengungkapkan bahwa bisnis di belahan dunia ini semakin mengadopsi teknologi digital agar tetap kompetitif.

Dalam beberapa tahun belakangan, kita telah melihat bahwa persentase perusahaan pada tahap pencarian fakta dan tahap eksplorasi telah menurun, sementara jumlah perusahaan yang telah menerapkan solusi IoT telah meningkat secara signifikan di Indonesia. Tahun lalu, 27 persen perusahaan menyatakan bahwa mereka telah mengeksplorasi solusi IoT, yang merupakan sebuah lompatan besar dibandingkan dengan 10 persen pada tahun 2016.

Perkembangan yang menggembirakan ini dapat dikaitkan dengan partisipasi aktif dari lembaga pemerintah daerah dalam hal investasi infrastruktur. Pada AIBP tahun lalu, Dr. Ismail dan Semuel Pangerapan, Direktur Jenderal Kominfo membagikan bahwa pemerintah telah berfokus pada penyelesaian proyek infrastruktur, termasuk Proyek Palapa Ring.

Berdasarkan ASEAN Enterprise Digital Transformation Survey yang dilakukan oleh AIBP, 70 persen pemimpin bisnis di Indonesia puas dengan opsi konektivitas, dibandingkan dengan 48,6 persen di Filipina, di mana infrastruktur konektivitas masih menjadi masalah.

Perusahaan telekomunikasi seperti Telkom Indonesia dan Indosat Ooredoo telah memainkan peranan mereka dalam mendorong IoT dan ekosistem digital pada perusahaan-perusahaan di Indonesia bersama dengan pemerintah.

“Telkom akan terus memainkan peranan aktif dalam mendukung inisiatif kunci pemerintah termasuk Indonesia 4.0, smart city, dan penciptaan ekonomi digital,” kata Joddy Hernady, SVP – EGM Digital Service Division, Telkom Indonesia.

“Kami percaya bahwa implementasi IoT di area transportasi dan logistik, industry 4.0, dan smart city akan mendorong pertumbuhan bisnis dan ekonomi dan para akhirnya menciptakan masyarakat yang lebih baik,” tutur Intan Abdams Katoppo, Chief Business Officer, Indosat Ooredoo.

“Untuk mengakselerasi IoT dan transformasi digital di Indonesia, Indosat Ooredoo telah secara aktif bekerjasama dengan berbagai universitas untuk menciptakan dan mempercepat implementasi, serta menciptakan solusi yang sangat relevan di pasar,” kata dia lagi menambahkan.

Recent Articles

Asal Mula PUBG Mobile

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile telah pecahkan hampir semua rekor dan jadi salah satu game mobile terbesar dan tersukses yang pernah dibuat. Namun...

Bocor, Ini Tahun Rilis GTA VI

Technologue.id, Jakarta - Bocoran terkait kehadiran Grand Theft Auto (GTA) VI kembali mencuat. Kali ini, dikatakan bahwa gim open world tersebut akan...

Alternatif Baru Belanja Sayur Mayur Selama Pandemi COVID-19

Technologue.id, Jakarta - Merebaknya pademi COVID-19 membuat pasar produk pangan mengalami shifting demand dari Business-to-Business (B2B) seperti hotel, restoran dan kafe menjadi...

Kolaborasi Likee dan Xiaomi Hadirkan #MyHouseParty Bagi Milenial Saat #DiRumahAja

Technologue.id, Jakarta - Likee, platform pembuatan video pendek global terkemuka, dengan tool pengambilan dan pengeditan video dilengkapi efek khusus yang canggih, selalu...

VMware Kerja Sama dengan Mitra Perkuat Mobilitas Enterprise dan Kontinuitas Bisnis di Kawasan Asia Pasifik dan Jepang

Technologue.id, Jakarta - VMware, inovator terkemuka di bidang peranti lunak kelas enterprise, melakukan mobilisasi ekosistem mitra mereka di seluruh kawasan Asia Pasifik...

Related Stories