Asisten Pribadi Microsoft Sambangi Raspberry Pi 3

Technologue.id, Jakarta – Selama ini, aplikasi Cortana hanya bisa dinikmati melalui smartphone maupun PC konvensional yang berbasis Windows. Namun kini, asisten pribadi buatan Microsoft itu juga bisa bekerja pada sebuah komputer mini.

NextPowerUp (11/04/17) mengabarkan bahwa Cortana sudah bisa diakses melalui komputer berbasis Raspberry Pi 3. Hal ini dimungkinkan jika perangkat tersebut sudah menggunakan Windows 10 Creators Update.

Dikarenakan Cortana menerima perintah melalui tangkapan suara, setidaknya Anda harus memasang sebuah microphone serta speaker pada mainboard Raspberry Pi 3.

Hingga saat ini, belum diketahui kapan tepatnya Creators Update akan tersedia secara umum untuk pengguna Windows 10 di seluruh dunia. Jika sesuai target yang ditentukan, bisa jadi 11 April 2017 update tersebut baru digulirkan untuk publik.

Meski begitu, para Windows Insider (para pengguna yang sudah terdaftar untuk mengetes Windows setengah matang) sudah bisa mendownloadnya versi finalnya lebih dahulu melalui website resmi Microsoft. Ada dua versi yang tersedia pada websitenya, yakni x64 (64 bit) dan x86 (32 bit).

 

Baca juga:

10 Juta Orang Kini Jadi ‘Tumbal’ Microsoft

Microsoft Suruh Mahasiswa S3 Main Minecraft, Lho?

Mau Kerja di Google, Apple, Atau Microsoft? Kuasai Dulu Skill Ini!