Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Astronot Ax-1 Akhirnya Bisa Tinggalkan Stasiun ISS
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Misi perintis astronot pribadi Ax-1 telah meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan kini dalam perjalanan kembali ke Bumi.

Kapsul SpaceX Dragon Ax-1, bernama Endeavour, dilepas dari Stasiun ISS hari ini, Minggu 24 April pukul 21.10 EDT (13.10 GMT, 25 April). Jika rencananya mulus, Endeavour dan empat penumpangnya akan turun di lepas Pantai Florida pada Senin (25 April) pukul 13.06 EDT (17.06 GMT).

"Sekali lagi terima kasih atas semua dukungan melalui petualangan luar biasa yang kami alami ini," kata komandan misi Ax-1, Michael López-Alegría, mengirim pesan radio ke stasiun kendali misi NASA di Houston.

Cuaca di Bumi menunda keberangkatan kapsul dari stasiun beberapa kali. Ax-1 seharusnya lepas landas pada Selasa pagi (19 April) dan tiba di Bumi pada Rabu pagi (20 April), tetapi cuaca buruk yang diprediksi di zona splashdown membuat segalanya mundur sekitar 12 jam.

Dan kondisi buruk ini terus berlanjut, menyebabkan penundaan tambahan hingga Endeavour akhirnya bisa melanjutkan perjalanannya hari ini.

Endeavour dan kru Ax-1 diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon 9 pada 8 April. Mereka tiba di Stasiun ISS pada 9 April dan tercatat menjadi misi awak swasta pertama yang mengunjungi lab mengorbit.

Misi tersebut diselenggarakan oleh perusahaan Houston Axiom Space dan dipimpin oleh López-Alegría, mantan astronot NASA yang sekarang menjabat sebagai Wakil Presiden Pengembangan bisnis Axiom. Tiga penumpang lainnya adalah pelanggan yang membayar -Larry Connor dari Amerika, Mark Pathy dari Kanada, dan Eytan Stibbe dari Israel. Masing-masing dilaporkan membayar sekitar Rp72 miliar.

Stibbe adalah orang Israel kedua yang pernah mencapai luar angkasa. Yang pertama, Ilan Ramon, meninggal bersama enam awaknya dalam bencana pesawat ulang-alik Columbia pada tahun 2003. Stibbe dan Ramon berteman.

Ax-1 bukan hanya satu kali melayani Axiom Space. Perusahaan telah memesan beberapa misi lain ke lab yang mengorbit dengan SpaceX, dan juga berencana mulai mengoperasikan stasiun ruang angkasa pribadinya sendiri di orbit Bumi pada akhir 2020-an.

Meskipun Ax-1 adalah misi awak semua swasta pertama ke ISS, mereka bukan upaya pertama untuk mencapai orbit Bumi, Misi swasta Inspiration4 mengirim empat orang ke orbit di sekitar Bumi dalam Dragon Capsule selama tiga hari pada September 2021.

"Waktu ekstra yang dihabiskan Ax-1 di atas ISS tidak berakhir dengan biaya tambahan untuk Axiom Space. Kontrak yang dinegosiasikan perusahaan dengan NASA mencakup Ax-1 untuk beberapa hari darurat," kata juru bicara agensi kepada Space.com.

SHARE:

Tips Supaya Usaha Rental Mobil Tetap Aman Terlindungi

Mobil Rental Dibawa Kabur Penyewa, Bagini Tata Cara Klaim Asuransinya