ASUS Bawakan Laptop ROG Flow X13 dan ROG Zephyrus Duo 15 SE

Technologue.id, Jakarta – Pada CES 2021 Hari Selasa (12/1), ASUS bawakan laptop gaming terbarunya, ROG Flow X13, convertible ultraportable 13 inci yang mirip gabungan antara notebook Lenovo Yoga dan perlengkapan militer.

ASUS ROG Flow X13 didukung oleh chip AMD Ryzen 9 5980HS dan grafis GeForce GTX 1650, menjadikan ROG Flow X13 sebagai mesin yang layak untuk gaming. Tapi, jika ingin lebih banyak daya, pengguna bisa hubungkan ROG Flow X13 dengan XG Mobile, GPU eksternal yang support sampai GPU NVIDIA RTX 3080.

Baca Juga:
Asus ROG Strix SCAR 17, Laptop Gaming Layar Tercepat di Dunia

Hal itu jadi kekuatan bagi ROG Flow X13 karena punya fleksibilitas dalam hadirkan notebook yang sangat tipis, sekaligus memberi pengguna opsi untuk lebih banyak daya. Namun, eGPU tampaknya akan mengganggu jika dibawa bepergian, dan harganya jauh lebih mahal dibanding cuma beli notebook dengan grafis yang bagus.

ASUS hadirkan konektor PCIe 3 sendiri untuk eGPU, yang bisa berikan bandwidth grafis 63 Gbps, jauh lebih tinggi dari maksimum 40 Gbps Thunderbolt 4. Konektornya tidak semulus interface USB-C Thunderbolt 4, kabelnya tampak tebal, dan dicolokkan ke port di sisi Flow X13 yang mirip kabel SATA berukuran besar.

Layar ASUS ROG Flow X13 juga bisa diputar jadi mode tablet atau tenda, pengguna jadi punya banyak cara untuk nikmati game. Layar ini juga hadir dengan panel 120Hz 1080p atau layar 4K dengan aspek rasio 16:10. ROG Flow X13 juga support Adaptive-Sync dan Pantone Validated. Untuk beratnya sekitar 1,3 kg, ini seringan Dell XPS 13.

Selain luncurkan ROG Flow X13, ASUS juga luncurkan ROG Zephyrus Duo 15 SE yang diperbarui, digerakkan oleh CPU AMD Ryzen 9 5900HX terbaru dan grafis hingga RTX 3080. Layarnya masih akan pakai ScreenPad Plus yang bisa dimiringkan, sangat berguna untuk multitasking saat main game, dan pengguna bisa pilih dari tampilan 300Hz 1080p atau layar 120Hz 4K.

Selain itu, ASUS juga sudah tingkatkan sistem pendinginannya, ROG Zephyrus Duo 15 SE punya aliran udara lebih banyak dibanding versi sebelumnya, membuat sistem mengirim lebih banyak daya ke CPU dan GPU tanpa terlalu bising.

Saat ini ASUS belum berikan informasi terkait harga dan tanggal rilis resmi di Indonesia terkait ROG Flow X13 maupun ROG Zephyrus Duo 15 SE.

Latest News

Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Darurat Gempa Sular

Technologue.id, Jakarta - Pasca bencana gempa bumi 6,2 Magnitudo yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat, khusunya Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Telkomsel...

Diblokir Trump, Xiaomi Angkat Suara

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memasukan Xiaomi ke daftar hitamnya. Trump beralasan perusahaan asal China itu memiliki hubungan dengan...

Duh, Xiaomi Diblokir Trump

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali menambahkan perusahaan China ke daftar hitamnya. Kali ini, Xiaomi dan delapan perusahaan lainnya...

Buntut Kontroversi WhatsApp, Aplikasi Signal Raih 50 Juta Unduhan di Play Store

Technologue.id, Jakarta - Kebijakan baru aplikasi perpesanan WhatsApp membuat banyak penggunanya kecewa. Mereka pun akhirnya memilih beralih ke aplikasi lain yang dinilai...

Pasca Gempa, Telekomunikasi di Majene Sumbar Berangsur Baik

Technologue.id, Jakarta - Layanan telekomunikasi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat sudah mulai berangsur baik pasca gempa 6,2 SR. Hal ini diungkap oleh...

Related Stories