Technologue.id, Jakarta – Pasar komputer mungil tahun ini nampaknya akan semakin ramai. Pasalnya, Raspberry Pi yang selama ini mendominasi pasar akan segera kedatangan pesaing cukup berat.

Dikutip dari NextPowerUp (21/01/17), Asus baru saja memperkenalkan sebuah PC yang serupa dengan Raspberry Pi yang bernama Tinker Board. Walaupun konsep dan dimensinya mirip dengan Raspberry Pi, ia memiliki spesifikasi lebih tinggi.

Tinker Board dibekali dengan chipset buatan Rockchip dengan tipe RK3288. Di dalamnya terdapat sebuah prosesor quad-core ARM Cortex-A17 dan pemroses grafis Mali-T764. Untuk menunjang performa chipset tersebut, Asus juga menyertakan RAM 2 GB.

Untuk media penyimpanan, Tinker Board pun dilengkapi dengan sebuah slot microSD. Sementara soal konektivitas, ada modul Wi-Fi dengan standar 802.11b/g/n, Bluetooth 4, dan port ethernet 10/100/1000.

Tak ketinggalan, empat buah port USB 2.0 pun ikut disertakan agar pengguna bisa menghubungkan perangkat dengan interface USB. Supaya bisa menampilkan gambar, satu buah port HDMI juga terdapat pada sisi belakangnya.

Bagi pengguna yang ingin menambahkan fitur atau konektor lainnya, Tinker Board juga dilengkapi 40-pin header sebagai slot ekspansi. Layaknya sebuah gadget, ada pula port microUSB sebagai sumber daya yang bisa terhubung ke listrik. Ini artinya, perangkat ini bisa beroperasi hanya dengan menggunakan powerbank.

BACA JUGA:

Raspberry Pi 3 Punya Versi Lebih Mungil

Notebook Gaming Polaris Pertama Asus Dibanderol Miring

Ada Komputer Sebesar Kartu Kredit!