Technologue.id, Jakarta – Salah satu vendor smartphone asal Taiwan, Asus selama ini terkenal cukup rajin untuk merilis firmware terbaru untuk perangkatnya. Dan kini, mereka sudah mulai mendistribusikan sistem operasi mobile terbaru milik Google, Android Oreo untuk salah satu smartphonenya.

Mengutip dari TheVerge.com (12/03/2018), Asus baru saja mengumumkan kalau mereka saat ini sudah rampung mengembangkan Android Oreo untuk tipe smartphone Zenfone 4 Pro ZS551KL. Mereka juga sudah mulai mendistribusikannya dengan cara Over-the-Air (OTA).

Baca juga:

Asus Hadirkan Laptop Gaming Murah Terbaru di Indonesia

- Advertisement -

Pada versi terbarunya itu, Asus menyajikan sejumlah fitur baru khas Android Oreo, yakni mode Picture-in-Picture. Mode tersebut memungkinkan pengguna untuk bisa membuka dua jendela aplikasi sekaligus dalam satu layar. Ini akan cukup bermanfaat untuk perangkat berlayar lebar. Contohnya adalah pengguna bisa menonton video sembari browsing.

Baca juga:

Asus ZenFone 5Z, Flagship Android Terbaru dengan Fitur Ala iPhone X

Tak cuma fitur bawaan, Asus juga menyempurnakan antarmuka buatannya, ZenUI. Pada versi terbaru, ZenUI kini memiliki sebuah fitur baru bernama Long Screenshot. Dengan begitu, pengguna bisa mengambil gambar secara penuh dari sebuah website yang sedang dikunjungi. Tak lupa, Asus juga melakukan beberapa pembaharuan desain untuk Launchernya.

Baca juga:

Kebut Pasar Indonesia, Asus Gelontorkan Laptop Mainstream Anyar

Firmware terbaru keluaran Asus untuk Zenfone 4 Pro ZS551KL sendiri sudah mulai didistribusikan secara global. Namun hingga saat ini, belum jelas apakah Android Oreo 8.0 itu juga akan tiba untuk pengguna smartphone tersebut yang ada di Indonesia.