Technologue.id, Jakarta – Provider jaringan 3 (Tri) mencatat kenaikan trafik data sebesar 44% pada libur natal dan tahun baru 2020 dibanding musim yang sama tahun sebelumnya. Sementara dibanding hari normal, Tri mengklaim mengalami peningkatan trafik sebesar 15%.

M. Danny Buldansyah, wakil Presiden Direktur Tri Indonesia mengatakan, “Kenaikan trafik saat malam tahun baru tertinggi terjadi di kota Cianjur sebesar 25%, serta lokasi tujuan wisata seperti Bandung, Malang, dan Yogyakarta. Adapun aktivitas pelanggan 3 yang mengakses media sosial sebesar 33%, video streaming sebesar 30%, dan instant messenger sebesar 17%.”

Baca Juga:
Ngerih! #IranvsUSA Sempat Panaskan Jagat Twitter

Dalam keterangan tertulis yang diterima Technologue.id pada Rabu (8/1/2020), Danny mengungkapkan bahwa media sosial masih menjadi yang paling banyak diakses di momen pergantian tahun.

“Karena itu, Tri Indonesia membangun 9,000 4G BTS untuk menjangkau area baru dan memperluas kapasitas. Termasuk di 160 titik penting dan tujuan wisata di seluruh Indonesia untuk kenyamanan akses internet,” lanjutnya.

Danny juga mengatakan curah hujan tinggi pada awal tahun 2020 menyebabkan beberapa area di Jabodetabek terendam banjir sehingga terjadi pemadaman listrik di beberapa daerah yang berdampak pada penurunan kinerja BTS. Pada 1 Januari 2020 hingga 2 Januari 2020, tidak terjadi penurunan trafik yang berarti di area Jabodetabek. Sementara BTS yang terdampak telah kembali normal sejak 2 Januari 2020.

Baca Juga:
Ini Dia Drone Pembunuh Jenderal Iran

“Kami juga turut prihatin atas musibah banjir dan longsor yang melanda wilayah Jabodetabek. Kami terus siaga agar jaringan Tri tetap berfungsi maksimal dan melakukan upaya antisipasi dalam menghadapi cuaca beberapa waktu kedepan sehingga pelanggan bisa berkomunikasi dan terhubung di jaringan Tri,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang mendapatkan kendala, Danny mengatakan dapat membantu upaya pemulihan dengan melaporkan gangguan jaringan Tri Indonesia ke nomor customer care kami di 132, atau melalui kanal media sosial Twitter @3CareIndonesia, FB Messenger 3 Indonesia, dan Telegram @TriIndonesiaCare_bot.