Technologue.id, Jakarta – Kata sandi menjadi hal penting di zaman seperti sekarang ini. Kata sandi yang sangat mudah ditebak sangat tidak disarankan, sebab akun berisi data pribadi tersebut rentan akan aksi peretasan. Maka dari itu, kata sandi dengan beragam kombinasi huruf, angka, dan simbol sangat direkomendasikan.

Namun yang namanya peretas, pasti punya banyak cara untuk menemukan dan mengetahui kata sandi pengguna. Seperti yang baru saja ditemukan oleh University of Cambridge, Inggris dan Linkoping University di Swedia.

Baca Juga:
Lebih dari 20 Juta Orang Masih Gunakan Password ‘123456’

Dalam studi yang mereka terbutkan, diketahui bahwa peretas dapat mencuri kata sandi dengan mendengarkan bagaimana orang tersebut mengetik.

Meski belum sempurna, alogritma yang mereka gunakan berhasil menebak sebanyak 31 dari 50 login 4-digit dalam 10 kali kesempatan. Belum dicoba apakah peluang yang sama terjadi jika kata sandi yang digunakan jauh lebih panjang.

Baca Juga:
Tips Membuat Password Unik yang Mudah Diingat

Metode in melibatkan pengguna yang mengetik pada smartphone atau tablet, yang mana gelombang suara dari jari yang menyentuh layar akan terdengar ke mikrofon ponsel, dan kemudian algoritma akan mengolahnya untuk mengetahui kemungkinan kata sandi yang digunakan.

Tentu saja ini bergantung apakah ponsel yang digunakan terjangkit malware tersebut, agar peretas dapat mengakses hingga ke mikrofon perangkat. Namun dengan adanya temuan ini membuat kita harus lebih waspada kedepannya.