Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Awas Malware Adrozek, Tampilkan Tautan Palsu Berisi Iklan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Jenis malware baru ditemukan Microsoft. Adalah Adrozek, malware ini dapat menyisipkan tautan berisi iklan di hasil pencarian sejumlah browser.

Adapun browser yang sudah terinfeksi maware ini adalah browser yang berjalan di perangkat Windows. Mereka adalah Chrome, Edge, dan Firefox.

Baca Juga:

Makin Gila, Hacker Bisa Sabotase Peneliti untuk Buat Senjata Biologis

Microsoft menyebut Adrozek memanfaatkan ketidaktahuan pengguna browser akan tautan palsu yang dimunculkan. Ketika pengguna mengklik tuatan tersebut, mereka akan dialihkan ke situs iklan.

"Pembuat malware Adrozek akan mendapatkan uang dari para pengiklan. Jumlahnya akan bergantung pada seberapa banyak trafik situ-situs iklan terkait," kata Microsoft dilansir PCMag Sabtu, (19/12/2020).

Selain menyisipkan tautan berisi iklan, malware Adrozek juga dapat mencuri informasi login para pengguna. Besar kemungkinan malware ini pun bisa melakukan serangan siber lebih lanjut.

Baca Juga:

Awas Trojan Ghimob, Incar Aplikasi Banking di Ponsel


Dalam melancarkan aksinya, Microsoft mengungkap para pembuat malware Adrozek memodifikasi Dynamic Link Library atau file DLL untuk mengubah pengaturan browser. Sistem keamanan dan update otomatis juga akan mereka matikan.

Untuk diketahui, malware Adrozek menginfeksi lebih dari 30.000 setiap hari. Microsoft mengimbau kepada pengguna yang terinfeksi untuk melakukan install ulang browser dsn menggunakan software antivirus Microsoft Defender.

SHARE:

Dear Perempuan, Wajib Punya Deretan Aplikasi Ini di Smartphone

Viral Modus Mencari Pekerja, Ancam Korban hingga Minta Foto Pakai Bra