Awas, Malware Ini Sudah Menjangkit Jutaan Perangkat Android!

Technologue.id, Jakarta – Dengan sistem distribusi berbasis open source, Google berhasil membuat Android begitu populer. Namun di sisi lain, hal tersebut membuatnya memiliki banyak ancaman dari sisi luar.

Mengutip dari NextPowerUp (26/04/17), hingga saat ini sudah ada jutaan perangkat Android yang sudah terkena sebuah malware bernama FalseGuide.

Sesuai namanya, FalseGuide akan menuntun pengguna untuk melakukan instalasi dari sebuah game populer yang ada pada Play Store. Walaupun game tersebut sebenarnya asli dan bisa dimainkan, ternyata setelah instalasi selesai, malware tersebut akan menjangkit perangkat Android dari pengguna.

Meski terdengar tak begitu berbahaya, malware tersebut bisa saja mengubah berbagai konfigurasi hak akses sehingga perangkat Android yang Anda gunakan dapat dikontrol bebas dari jarak jauh.

Mengetahui hal tersebut, pihak Google pun dilaporkan tidak tinggal diam begitu saja. Saat ini, mereka sedang berusaha untuk membuang seluruh aplikasi mobile pada Play Store yang terbukti terjangkit malware FalseGuide.

Hingga saat ini, diperkirakan sudah ada sekitar 2 juta pengguna Android di seluruh dunia yang sudah terinfeksi oleh malware tersebut.

 

Baca juga:

500 Ribu Pengguna Android Jadi Target Malware Aplikasi Panduan Game

Waspada, Beli Smartphone Flagship Baru Dapat Bonus Malware!

Jutaan Akun Google Terinfeksi Malware Gooligan