Awas Situs E-commerce Palsu di Harbolnas 2016!

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali menyapa netizen Tanah Air tahun ini. Event yang sudah ada sejak 2012 itu diprediksi bakal semakin mewah.

Bagaimana tidak, ada 200 e-commerce yang dipastikan siap berpartisipasi dengan memberikan diskon besar-besaran dan beragam benefit lain. Sejauh pantauan redaksi, pemain sekelas BukaLapak, BliBli, dan MatahariMall sudah mencoba membujuk masyarakat untuk berbelanja di platformnya.

Alhasil, jangan kaget kalau perputaran uang di event yang dihelat dari tanggal 12 sampai 14 Desember 2016 ini diramalkan mencapai Rp 6,3 triliun. Secara umum, transaksi Harbolnas tahun ini diyakini naik dua hingga tiga kali lipat dari tahun lalu.

Namun, di sisi lain, hal ini memunculkan masalah baru. Konsumen yang tidak waspada bukan tidak mungkin menjadi korban penjahat cyber dengan beragam modus operandinya. Kaspersky Lab Indonesia pun mencoba memperingatkan pada netizen agar tidak sampai terperosok ke perangkap yang disediakan pihak tak bertanggung jawab tersebut, sebagaimana pesan Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Lab Indonesia.

“Situs e-commerce merupakan salah satu sasaran empuk serangan penjahat cyber. Namun, celah keamanan yang terbesar pada transaksi online itu terletak dari sisi pengguna, bukan dari perusahaan e-commerce.”

Salah satu jebakan yang cukup sering dipakai adalah munculnya e-commerce abal-abal. Situs palsu tersebut bakal meniru atau menyerupai platform populer dan resmi dengan tujuan agar korban bersedia memasukkan data pribadi hingga informasi kartu kreditnya.

‘Perampokan’ ini tergolong rapi dan kerap tak disadari, tetapi sebenarnya bisa diantisipasi andai Anda rajin memeriksa alamat URL suatu situs ketika berniat melakukan transaksi online. Yang paling mudah, pastikan situs tersebut mengadopsi protokol HTTPS atau menggunakan domain yang valid.

“Jadilah konsumen yang cerdas sehingga pengalaman berbelanja online menjadi nyaman, aman, dan juga menyenangkan, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang-orang yang Anda cintai,” imbuh Dony dalam pernyataan tertulisnya pada redaksi (10/12/16).

 

Baca juga:

Mau Barang Murah dari BliBli Saat Harbolnas 2016? Belanja Jam Segini!

Survei ShopBack: Promo dan Diskon Harbolnas 2016 Tetap Jadi Incaran Konsumen

Promo Diskon 99% di MatahariMall.com Tak ‘Berantakan’ Seperti Dulu!

- Advertisement -

Latest News

Related Stories