Technologue.id, Jakarta – Selfie sukses menjadi sebuah fenomena tersendiri. Bahkan, saking antusiasnya masyarakat untuk berswafoto, banyak smartphone yang dibuat khusus untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Namun ternyata, terdapat fakta kelam terkait selfie yang berkaitan pada kematian.

Dilansir dari Ubergizmo.com (05/10/2018), menurut sebuah studi global yang dikutip melalui BBC, telah ditemukan bahwa sebanyak 259 orang telah meninggal dalam kurun waktu 2011 hingga 2017 dalam upayanya menghasilkan foto selfie terbaik.

Baca juga:

Kecepatan 4G di Jakarta untuk Download Mengenaskan, Kalah dari Bangkok

Studi tersebut juga menemukan berbagai penyebab kematian yang berawal dari niat untuk berswafoto. Beberapa kecelakaan itu antara lain: tenggelam, kecelakaan transportasi, jatuh dari ketinggian, kebakaran, bahkan hingga senjata api.

- Advertisement -

Baca juga:

Saingi YouTube, Facebook Sajikan Platform Video Watch

US National Library of Medicine sejauh ini telah merekomendasikan bahwa zona selfie diharuskan tidak dibuat di tempat-tempat yang berbahaya. Tujuannya jelas, agar mengurangi angka kecelakaan hingga kematian. Ide ini juga telah diterapkan di Mumbai, India, pada tahun 2016 di mana pemerintah menciptakan 16 zona selfie yang aman.

Baca juga:

Ini Kata Huawei Indonesia Soal Selfie Nova 3i Pakai DSLR

Data-data ini tentu menjadi peringatan bagi Anda yang doyan berselfie di lokasi ekstrem. Jangan hanya sekedar mencari pujian, hingga nyawa Anda sendiri yang dijadikan taruhan.