Technologue.id, Jakarta – Apple telah merombak desain pada produk unggulannya yaitu iPhone 7. Diketahui, perangkat ini sudah tidak memakai tombol home fisik, melainkan tombol kapasitif yang dibenamkan. Pada bagian ini, Apple menggunakan teknologi taptic engine di tombol home terbaru.

Teknologi tombol home ini yang ditanamkan pada iPhone 7 diklaim lebih responsif yang memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking, Siri, TouchID dan Apple Pay hanya dengan satu tombol. Sayangnya ada laporan pengguna yang mengalami kerusakan.

Seperti laporan dari 9to5Mac, para pengguna MacRumors Forum memberikan informasi jika tombol home pada iPhone bermasalah. iOS 10 menawarkan fitur tambahan berupa notifikasi peringatan yang menjelaskan “The Home Button May Need Service” agar pengguna beralih ke on-screen layar seperti fitur assissive touch.

iPhone 7 (Source:9to5Mac)
iPhone 7 (Source:9to5Mac)

Sedangkan pemberitahuan tersebut berawal dari pengguna iPhone 7 yang ingin melakukan pengisian daya, kemudian muncul adanya notifikasi  sehingga pengguna mencoba untuk melakukan restart perangkat. Apabila pemberitahuan seperti itu tetap muncul anggota forum itu memberikan solusi lain. “Menekan tombol home pun harus 3 sampai 4 kali untuk bisa bekerja,” ujar pengguna.

Mungkin terdengar aneh jika tombol kapasitif pada iPhone 7 mudah rusak karena menggunakan teknologi terbaru. Mengingat pada produk iPhone sebelumnya dilaporkan sering terjadi masalah jika tombol home fisik sering digunakan. Maka para pengguna mengakalinya dengan menggunakan fitur assissive touch, agar tombol home tidak cepat rusak.

Baca Juga :