Technologue.id, Jakarta – Selfie sudah menjadi fenomena di tengah masyarakat dunia saat ini. Tak hanya anak muda atau wanita, generasi millennial dan di atasnya serta pria rasanya sudah terjangkiti aktivitas ini.

Namun pada dasarnya, mengambil swafoto tak semudah itu. Anda perlu tahu beberapa teknik dan kelengkapan lain selain ponsel standar agar hasilnya memuaskan, terlebih jika Anda berniat mengambil foto di tempat minim cahaya yang cenderung gelap.

Redaksi punya saran jika Anda tetap ngotot ingin selfie di lokasi minim cahaya. Ini dia rangkumannya.

Baca juga:

Oppo F3 Pas Buat Anda Penggila Mobile Game, Ini Alasannya!

1. Menghadaplah ke sumber cahaya
Segelap-gelapnya lokasi di mana Anda mengambil foto selfie, pasti ada secercah cahaya yang ada di sana. Karena, mengapa kalian harus repot-repot mengambil foto selfie kalau keadaan sedang gelap gulita?

Dengan menghadap ke sumber cahaya dan memosisikan smartphone pada angle yang tepat, hal ini bisa membantu ponsel memproduksi foto diri yang Anda inginkan.

Baca juga:

Foto Jalan-jalan Makin Seru Pakai Oppo F3!

2. Jangan berlebihan mengeditnya
Mengedit foto adalah hal yang gampang-gampang susah. Kalau editing dan efeknya tepat, pastinya swafoto Anda akan lebih terang atau baik hasilnya. Namun jika Anda tak berhati-hati, foto yang didapat di tempat gelap ini bisa makin buruk kualitasnya dan tak layak dipamerkan di media sosial.

Oh iya, akan sangat membantu kalau Anda sudah familiar dengan aplikasi photo editing yang ada di pasaran.

3. Perhatikan background
Ya, mungkin Anda tak menyangka, tetapi kalau berfoto di tempat minim cahaya, backgroud jadi aspek penting. Tembok atau keramik berwarna putih, misalnya, bisa merefleksikan cahaya ke wajah Anda. Sebaliknya, berfoto dengan latar belakang berwarna kuat seperti merah atau hijau akan membuat wajah Anda “ketularan” paparan warna tersebut.

Baca juga:

Merah Merona, Oppo F3 Red Edition Simpan Kecantikan + Kehebatan Menakjubkan

Bagaimana Cara Selfie di Tempat Gelap dengan Hasil yang Tetap Maksimal?
Screen flash pada kamera depan Oppo F3 (source: Oppo)

4. Kualitas kamera smartphone berpengaruh
Ini dia salah satu poin tervital kalau Anda ingin punya swafoto berkualitas apik, baik di tempat terang maupun gelap. Oppo F3 layak diandalkan untuk hal ini, berkat adanya fitur Beautify 4.0 yang bisa membuat wajah Anda lebih berseri saat selfie sembari menghasilkan efek bokeh serta screen flash yang bisa membantu mengekspos wajah Anda dengan cahaya dari layar, sehingga foto di tempat gelap pun bukan kendala utama.

Di samping itu, jangan ragu untuk membersihkan dulu lensa kamera depan Anda sebelum berfoto untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan meningkatkan ketajaman gambar.

Terakhir, jangan lupa kalau Oppo F3 juga punya kamera ganda di bagian depannya, yang masing-masingnya beresolusi 16MP dan 8MP. Adanya dual-camera ini memungkinkan Anda untuk mengambil group selfie lebih mudah sembari menangkap pemandangan di belakang Anda lebih luas.