Technologue.id, Jakarta – Perkembangan internet dan gadget dewasa ini berbanding lurus dengan potensi ancaman yang bisa diterima user. Penjahat cyber pun lebih banyak dan lihai dalam beraksi. Bahkan tanpa mungkin disadari, informasi dan data di perangkat yang Anda kantongi sekarang itu bisa jadi telah ditangkap oleh hacker lewat jaringan khusus yang mereka buat.

Ya, para peretas ponsel memang punya beragam modus operandi untuk menjalankan aksinya. Untungnya, ada white hat hacker yang bersedia membocorkan dua metode yang kerap digunakan untuk membobol ponsel korban pada AllTechBuzz (3/8/16). Tujuannya tentu untuk mengajak pengguna smartphone lebih berhati-hati atau tidak asal memanfaatkan jaringan gratisan.

Cara yang relatif lebih mudah adalah dengan membuat jaringan Wi-Fi palsu terbuka. Ketika gawai Anda sudah pernah terkoneksi dengan jaringan terbuka, para peretas bisa jadi hanya perlu men-setting jaringan tiruan dengan nama yang sama, maka secara otomatis ponsel Anda akan terhubung dengan sendirinya.

Sampai di sini, hacker bisa memonitor bahkan memodifikasi smartphone Anda dari jauh, karena tiap aktivitas jaringan ponsel Anda bakal melalui perangkat jebakan yang sudah disiapkan hacker tadi.

Ada juga cara lainnya, yakni dengan mengintersep data ponsel lewat jaringan seluler. Berbekal perangkat untuk membuat BTS gadungan dan teknik khusus dalam memanfaatkannya, seorang hacker bisa mengendus aktivitas jaringan ponsel Anda. Namun, metode ini jarang sekali digunakan untuk membobol gadget secara langsung karena kesulitannya yang cukup tinggi.

Semoga informasi ini bisa membuat Anda lebih berhati-hati.

 

Baca juga:

TIPS TINGKATKAN PERSONAL BRANDING DI LINKEDIN

CARA MENONTON VIDEO TANPA KUOTA DI OPERA MINI

TIPS DAPAT TEMAN BARU DARI SEKITAR PAKAI LINE PEOPLE NEARBY