Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Bagaimana pengalaman Mobile Gaming akan lebih baik lagi di masa depan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Siapa yang belum pernah mendengar judul-judul mobile game populer seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends? Mobile gaming semakin digemari, walaupun mobile game dengan mode single-player telah populer sejak lama, kini terlihat adanya peningkatan jumlah game yang fokus pada permainan multiplayer dan pengalaman gaming dengan grafik yang kaya di smartphone dan perangkat mobile lainnya.

Jenis game imersif yang biasanya hanya tersedia di konsol dan PC sekarang dapat dimainkan di perangkat mobile, tetapi dapat menguras bandwidth, masa pakai baterai, dan memaksa GPU bekerja sampai batasnya. Hal ini berubah berkat kehadiran Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang dapat menyulap perangkat mobile premium menjadi game machine yang kuat.

Dengan gudang penuh fitur perangkat keras dan perangkat lunak yang dioptimalkan untuk gaming dan telah terintegrasi sepenuhnya pada Snapdragon 865, 855 Plus, 855 serta fitur-fitur tertentu pada 768G, 765G, 730G, dan 720G, pemain akan bermain di tingkat level lebih tinggi dengan interaksi yang lebih lancar, performa yang unggul, respons yang sangat cepat, audio yang luar biasa, grafik berkualitas bioskop, dan banyak lagi.

Berikut penjelasan bagaimana Qualcomm Snapdragon Elite Gaming dapat memberikan dukungan penuh pada mobile gaming.

Memainkan banyak game dalam performa terbaiknya

Saat berbicara gaming, kualitas grafik merupakan hal yang penting untuk meningkatkan imersi. Perangkat mobile awalnya hanya digunakan untuk game kasual, tapi kini perangkat tersebut telah mampu untuk memenuhi kebutuhan game dengan grafik intensif (atau dikenal dengan istilah high fidelity games) yang sebelumnya hanya ada di konsol dan PC. Untuk mendukung GPU Adreno, Snapdragon Elite Gaming telah mengemas fitur tampilan paling canggih dari True HDR10 dan Physical Based Rendering (PBR), membuka akses untuk game berkualitas desktop pada perangkat mobile.

Kedalaman warna 10-bit dan gamut warna 2020 menghasilkan miliaran warna yang 10x lebih cerah*. Mobile gamer akan memiliki pengalaman visual yang lebih baik berkat PBR yang telah mengubah mobile gaming memberikan dimensi visual yang realistis dan sangat detil yang menyerupai objek dan tekstur aslinya.

Peningkatan GPU Qualcomm Adreno memberikan lebih banyak kemampuan yang dapat dikerjakan PBR untuk melakukan proses render virtual yang lebih halus dengan adanya peningkatan performa kinerja hingga 20% sehingga para game developer dapat memaksimalkan pengalaman visual saat bermain. Untuk para game developer tersebut, Qualcomm mengambil pendekatan sinematik untuk grafik game dengan pemrosesan cinematic post processing yang memanfaatkan kecanggihan GPU Adreno 640. Hal ini memberikan mereka terhadap kontrol artistik yang ditingkatkan ketika membuat game yang mengarah ke gradasi warna sinematik yang rumit, kedalaman bidang, filmic tone-mapping, dan tampilan HDR.

Optimalisasi untuk 10 game teratas

Adanya kolaborasi antara para pembuat game dan studio game Qualcomm membuat 10 game teratas dioptimalkan untuk platform tier-premium Snapdragon karena permainan terbaik dalam bisnis membutuhkan performa yang elit. 10 game teratas tersebut termasuk game terlaris PUBG Mobile, Lineage II Revolution dan Fortnite yang telah dimainkan oleh jutaan gamer di seluruh dunia.

Melanjutkan dukungan penuh untuk menghadirkan pengalaman mobile gaming terbaik, Qualcomm bekerja sama dengan Tencent dalam memberikan dukungan Gaming Mode 90Hz di game PUBG (Player Unknown's Battle Ground). Game ini juga akan menghadirkan tampilan True 10-bit HDR yang memberikan permainan lebih lancar dan visual yang lebih baik.

Untuk memastikan game berat beresolusi tinggi berjalan tanpa masalah, Qualcomm juga menghadirkan teknologi Game Q-sync yang dibuat dan dirancang untuk membuat frame rate tampilan sesuai dengan yang dihasilkan oleh game engine. Dengan demikian, game engine tidak perlu lagi dikunci di 60Hz dan dapat berjalan lebih cepat atau lebih lambat tergantung pada beban kerja render. Ini juga memungkinkan layar untuk secara dinamis mencocokkan tingkat render dari game untuk pengalaman bermain yang lebih baik.

Memberikan developer terhadap kontrol atas pewarnaan, kedalaman gambar, dan detail di game yang lebih banyak, Vulkan 1.1 Graphics Driver akan meningkatkan realisme yang ditingkatkan, membuat gamer merasa seperti mereka berada di pemandangan dalam dunia lain. Graphic library generasi terbaru yang tercanggih ini mengintegrasikan perlengkapan developer yang canggih dan menghabiskan daya 20% lebih sedikit daripada Open GL ES menghasilkan grafik game yang lebih baik dan daya baterai yang lebih tahan lama.

Pembaruan driver dan masih banyak lagi

Pada PC, gamer dapat memilih untuk update driver perangkat lunak mereka yang dapat memberikan kinerja perangkat keras yang lebih baik. Sekarang, mobile gamer dapat melakukan hal yang sama berkat perpaduan GPU Adreno dan Snapdragon Elite Gaming. Gamer akan segera dapat mengunduh driver dari Google Play Store. Google dan Qualcomm Technologies saat ini berkolaborasi dengan berbagai studio game dalam Android GPU Inspector dan driver GPU yang dapat diperbarui di Pixel 4 dan Pixel 4 XL, Samsung Galaxy Note 10 dan Samsung Galaxy S10 serta lebih banyak perangkat lainnya di masa mendatang.

Terlebih lagi, teknologi mobile canggih ini memahami apa yang diinginkan para gamer, yaitu suara lantang yang sejernih kristal, menghilangkan stuttering dan fitur anti-kecurangan untuk memastikan game yang adil. Kombinasi aptX Adaptive Audio dan Qualcomm Aqstic Audio menghasilkan suara surround nirkabel yang secara otomatis menyesuaikan kualitas audio secara optimal dan selaras dengan situasi yang tampak di layar. Posisi audio 3D memastikan imersi penuh dan representasi realistis, sedangkan Smart Speaker Amp menghasilkan efek suara yang lantang dan jelas.

Perangkat dengan Snapdragon Gaming Elite menawarkan fitur pendukung untuk menghilangkan layar statis dan stutter dengan Game Jank Reducer v1.0 yang secara signifikan akan memotong jank hingga 90%**. Selain itu, Game Network Latency Manager akan secara otomatis mengoptimalkan pengaturan jaringan perangkat dan konfigurasi Wi-Fi untuk mendukung game online yang efisien dan memberikan gameplay yang halus dan cepat.

Terakhir, fitur Anti-Cheat Extensions akan membantu menjaga gamer tetap bermain di level yang sama dengan cara mendeteksi dan menghindari peretasan pada game. Fitur ini akan membuat permainan Anda tetap adil karena akan sulit bagi peretas untuk mengambil keuntungan dari sistem game.

Sangat menguntungkan khususnya selama momen #DiRumahAja, Qualcomm mendesain kembali realitas maya dengan menjelajahi game XR (VR/AR). Pemain dapat menggunakan perangkat mobile mereka sebagai pengontrol dan TV sebagai layar dengan mode konsol game dengan 4K TV Out. Dengan casting layar yang tidak dihubungkan, beberapa pemain dapat terhubung secara nirkabel, melihat permainan dengan warna dan kontras yang luar biasa dari sebuah TV 4K.

Baik seorang profesional, hardcore, atau hanya casual player dalam mobile game, ketika berbicara ke pengalaman, mereka selalu mencari teknologi terbaik untuk memberikan mereka pengalaman gaming yang lebih mendalam. Qualcomm menjawab pertumbuhan signifikan dari kebutuhan industri eSport global dengan membekali mobile gamer dengan peralatan terbaik untuk memberi mereka keunggulan. Snapdragon Elite Gaming memiliki fitur teknologi canggih dalam hal visual, performa, dan fitur audio yang menambah pengalaman bermain game tingkat selanjutnya bagi para mobile gamer. Gamer memiliki lebih sedikit masalah teknis dan dapat fokus pada gameplay dengan semua fitur pendukung yang dapat dirasakan.

Snapdragon Elite Gaming telah tersedia di berbagai smartphone di tanah air, termasuk smartphone gaming Black Shark 3 Pro dan ASUS ROG Phone II. Kedua smartphone didukung dengan mobile platform kelas premium yang memberikan pengalaman gaming seperti desktop. Untuk menyempurnakan permainan, perangkat-perangkat ini telah dibekali dengan fitur-fitur pendukung gaming seperti baterai yang besar, desain yang ergonomis, refresh rate yang tinggi, dan sistem pendingin yang mumpuni.


*Dibanding dengan platform tanpa True HDR
**Di game yang bermain pada 30fps.

SHARE:

Qualcomm Luncurkan Modem Snapdragon X80 5G di Ajang MWC 2024

Performa Poco M6 Pro Bikin Gamer Jadi Pro Player