Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Awas, Aplikasi ChatGPT Bahayakan Data Pengguna
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - ChatGPT merupakan layanan chatbot yang memungkinkan pengguna berbicara dengan komputer yang didukung teknologi kecerdasan buatan (AI). ChatGPT dapat digunakan di berbagai platform, termasuk Mac.

Khusus Mac, platform ini menjadi sorotan karena aplikasi ChatGPT yang berjalan di dalamnya berpotensi membahayakan data pribadi pengguna. Imbauan pun muncul yang mendorong pengguna memperbarui aplikasi tersebut.

Dikutip dari Pocket-lint, sejak diluncurkan, aplikasi desktop pertama untuk ChatGPT telah menyimpan semua percakapan Anda di Mac dalam teks biasa. Ini berarti aplikasi lain di Mac Anda, atau siapa pun yang memperoleh akses ke komputer Anda, dapat membaca setiap percakapan yang pernah Anda lakukan dengan chatbot OpenAI melalui aplikasi Mac.

Sumber: Channel 969

Baca Juga:
OpenAI Akan Blokir Akses ChatGPT Sepenuhnya di Tiongkok

OpenAI telah menyadari masalah ini dan telah merilis patch untuk memperbaiki masalah tersebut. Dapat disimpannya percakapan pengguna dalam format teks ini dianggap sebagai kesalahan serius dari perusahaan yang ingin terlihat sebagai perusahaan yang dapat Anda percayai dengan data pengguna.

Apple berhati-hati mengenai keamanan pada perangkatnya, namun Mac sedikit lebih longgar dibandingkan iPhone. Di iPhone Anda, semua aplikasi berjalan di "sandbox" masing-masing, memastikan tidak ada aplikasi yang memiliki akses ke data apa pun dari aplikasi lain di luar kotak pasir tersebut.

Di Mac, banyak aplikasi juga akan berjalan di kotak pasirnya sendiri. Namun, aplikasi dapat diberi akses ke seluruh disk Anda. Aplikasi ChatGPT tidak menggunakan sandbox yang aman, artinya datanya mudah diakses.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat