Baidu Bakal Bikin Mobil Listrik

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Baidu, raksasa teknologi asal Tiongkok, berencana membuat kendaraan listrik. Untuk menunjukkan keseriusannya, Baidu menggandeng Geely, pembuat mobil swasta terbesar di negara itu.

Sudah menjadi rahasia umum, Baidu ingin mengembangkan bisnisnya ke moda transportasi pintar. Diwartakan Reuters, Jumat (8/1/20201), dengan pembuatan mobil listrik ini mewakili ambisi Baidu.

Baidu dikabarkan akan membuka usaha patungan baru dengan Geely. Diperkirakan Baidu akan menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan patungan tersebut.

Untuk merealisasikan proyek ini, Baidu akan bertugas khusus dalam mengembangkan perangkat lunak. Sementara Geely berfokus pada perangkat keras, termasuk body mobil. Dalam laporan terbaru disebutkan, Baidu dan Geely sedang dalam pembicaraan untuk menggunakan platform kendaraan listrik skalabel.

Langkah Baidu ini sejalan dengan rencana pemerintah Tiongkok yang ingin menghijaukan negara tirai bambu tersebut. Sejak 2017 silam, Tiongkok mengumumkan akan membatasi bahkan melarang penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak bumi.

Selama ini, Baidu telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengerjakan teknologi self-driving. Selain menjadi mesin pencari terbesar di Tiongkok, Baidu juga dikenal sebagai perusahaan di bidang kendaraan otonom.

Sebelumnya, Baidu ikut mengembangkan Project Apollo, yang dapat membantu produsen mobil memproduksi kendaraan self-driving.

Baidu menciptakan platform yang mencakup perangkat keras dan perangkat lunak. Kemudian, memberikan akses kepada produsen mobil kode sumber terbuka dalam pembuatan kendaraan self-driving. Nantinya, proyek ini diperlukan untuk membantu kendaraan melihat rintangan saat berada di jalanan, merencanakan rute, serta bergerak.

Baidu pertama kali membuka Proyek Apollo untuk mobil pada Juli 2017. Rencananya, peluncuran kendaraan dengan fitur self-driving ini akan diluncurkan secara bertahap, hingga mobil bisa beroperasi sepenuhnya secara mandiri di jalan raya.

Sementara itu, Geely Holding Group [GEELY.UL] yang menjadi partner Baidu telah meluncurkan model kendaraan listrik. Rencananya, Geely akan mendukung pembuatan kendaraan listri untuk jenis mobil kecil hingga besar, termasuk sedan, SUV, van, dan truk pickup.

- Advertisement -

Latest News

5 Aplikasi Video Call untuk Silaturahmi Lebaran

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tak lengkap rasanya kalau tidak bersilaturahmi dengan teman dan keluarga. Tapi, karena pandemi Covid-19 belum...

Facebook dan Instagram Dituding Hapus Konten Serangan Israel ke Palestina

Technologue.id, Jakarta - Raksasa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dituding telah menyensor, serta menghapus postingan dan tagar terkait ketegangan baru-baru...

128 Juta iPhone Terinfeksi Malware

Technologue.id, Jakarta - Apple baru-baru ini mengungkapkan bahwa ada upaya penyerangan malware ke ratusan juta pengguna iOS. Sebanyak 128 juta pengguna iOS...

#SavePalestine Bergema Imbas Serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa

Technologue.id, Jakarta - Warganet dari seluruh dunia mengecam serangan udara mematikan Israel di jalur Gaza dengan mencuitkan tagar #SavePalestine.

Resident Evil: Village Raup 100.000 Gamer dalam 2 Hari

Technologue.id, Jakarta - Resident Evil: Village berhasil memecahkan rekor baru di Steam. Game besutan Capcom tersebut telah meraih pemain aktif hingga lebih...

Related Stories