Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Balon Internet Project Loon Berhenti Beroperasi
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Alphabet resmi menghentikan proyek internet balon (Project Loon). Proyek yang diinisiasi pada 2011 ini berhenti beroperasi karena alasan pembiayaan.


Seperti dilansir dari TechCrunch pada Jumat (22/1/2021), perusahaan mengaku tidak bisa menekan ongkos operasional dan belum menemukan model bisnis berkelanjutan.

Baca Juga:

Ratusan Karyawan Google Bentuk Serikat Pekerja


Meskipun terdapat sejumlah mitra yang bersedia untuk bersama-sama menggarapnya, Project Loon ini tetap belum bisa menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.


Dihentikannya Project Loon oleh Alphabet mengejutkan sejumlah pihak. Sebab beberapa waktu lalu proyek ini telah mendapatkan restu dari pemerintah Kenya untuk beroperasi di sana.


Project Loon gagal menghadirkan koneksi internet ke miliaran pengguna Kenya. Padahal proyek ini sebenarnya memang ditujukan untuk menghadirkan akses internet ke area yang kurang terlayani.

Baca Juga:

Facebook Bangun Kabel Bawah Laut Terbesar di Dunia


Untuk diketahui, Project Loon sendiri merupakan balon raksasa yang membawa peralatan penyedia akses internet. Project Loon akan diterbangkan dan memancarkan sinyal internet dari udara.


Project Loon dikembangkan untuk menggantikan menara seluler yang mahal. Namun kenyataannya Alphabet juga tidak bisa menekan biaya operasionalnya.

SHARE:

Boston Dynamics Pamer Robot Humanoid Atlas Baru Bertenaga Listrik

Google Maps Dapat Peningkatan, Bisa Cari Lokasi SPKLU