Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Telco News Internet Latest News Headline

Bantu Dukung Perekonomian Desa, XL Axiata Bikin Program Desa Digital Nusantara

byRendy Islamy - editorDenny Mahardy Dec 16, 2021

Technologue.id, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) luncurkan program baru bernama Desa Digital Nusantara (DDN) di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Kamis (16/12).

Program ini dihadirkan untuk dukung pemberdayaan desa dan komunitasnya lewat adopsi teknologi digital ke setiap eleman kehidupan di desa.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir, mengatakan bahwa. “Melalui program ini, kami berniat untuk lebih memaksimalkan lagi usaha-usaha pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sarana digital agar mereka lebih siap masuk dan meraih manfaat dari ekonomi digital.”

Marwan menambahkan,Program DDN ini akan jadi program yang berkelanjutan. Menurutnya, XL Axiata berkomitmen kuat untuk bantu pemerintah dalam tingkatkan literasi digital di tingkat pedesaan seiring dengan pembangunan jaringan internet cepat 4G yang semakin luas. Jadi, program ini juga mencakup penguatan ekosistem digital hingga di pedesaan.

Pada tahap awal ini, Program DDN akan mencakup aktivitas bersifat edukasi untuk meningkatkan literasi digital warga, pembangunan fasilitas umum, instalasi sarana dan prasarana digital, hingga donasi.

Akvititas edukasi akan berupa Kelas Inkubasi Sisternet bagi warga perempuan pelaku UMKM. Ada enam sesi dengan sasaran peserta warga perempuan yang merupakan pelaku atau pengelola UKM.

Selanjutnya edukasi dan sosialisasi pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara. Aplikasi ini memudahkan nelayan menangkap ikan di laut melalui fitur yang bisa menunjukkan titik-titik lokasi keberadaan ikan.

Sasaran edukasinya adalah para pelajar warga setempat. Selain itu, XL Axiata juga akan pasang WiFi di titik strategis di seputar desa. Kualitas jaringan data dan internet XL Axiata di desa ini sangat baik yang didukung oleh BTS 4G di sekitar desa. Sinyal 4G XL Axiata juga menjangkau area di sepanjang pantai Tanjung Pakis yang jadi salah satu destinasi wisata warga Karawang.

Untuk mendukung produktivitas olahan hasil laut, XL Axiata juga bakal hadirkan perangkat digital berbasis Internet of Things (IoT) untuk bantu pengolahan ikan asin. Perangkat ini bakal bantu proses pengeringan yang lebih berkualitas dengan manfaatkan energi dari panel surya. Perangkat digital inovatif ini diinisiasi oleh para awardee XLFL Batch 8.

Selain berikan edukasi dan fasilitas, program DDN juga meliputi perbaikan salah satu pesantren di Desa Tanjung Pakis, yaitu Pesantren Al Ibtida. Dengan renovasi ini, diharapkan pesantren ini akan jadi lebih nyaman sebagai tempat belajar mengajar.

Kami juga memberikan donasi router dan kuota internet gratis selama setahun bagi enam sekolah, mulai SD, SMP, dan Pondok Pesantren. Lalu, donasi 15 laptop kepada sekolah-sekolah yang sama. Kami berharap donasi ini bisa mempercepat peningkatan literasi digital di kalangan generasi muda desa Tanjung Pakis, selain tentunya bisa meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.” Tutup Marwan.

Program DDN sendiri adalah bagian dari program keberlanjutan XL Axiata untuk bantu ekonomi masyarakat Indonesia agar lebih melek digital. Program ini didesain untk bisa direplikasi ke daerah-daerah lainnya di Indonesia.

#XLAxiata #DesaDigital #EkosistemDesaDigital #DesaDigitalNusantara

Baca Juga