Bantu Mitra Hadapi Pandemi, Grab Gandeng BRI Hadirkan Pinjaman Khusus

Technologue.id, Jakarta – Grab Indonesia dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Bank BRI) berkolaborasi untuk meluncurkan fasilitas pinjaman bunga ringan untuk mitra pengemudi Grab, mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios.

Pinjaman ini bertujuan untuk meringankan beban finansial dari mitra pengemudi yang terkena dampak selama pandemi COVID-19. Selain itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan membantu merchant GrabFood dan mitra GrabKios untuk mendapatkan bantuan finansial yang mereka butuhkan untuk mengatasi tantangan selama pandemi ini.

Mitra pengemudi bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan pinjaman sampai sebesar Rp 5.000.000 dengan suku bunga yang terjangkau dan masa pinjaman selama 24 bulan. Untuk membantu melewati pandemi, selama tiga bulan pertama khusus untuk mitra pengemudi Grab dibebaskan untuk membayar cicilan. Untuk memudahkan, proses pembayaran pinjaman akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra.

Dengan membuka rekening BRITAMA untuk pinjaman mereka, mitra pengemudi juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar 250% nilai saldo atau maksimum coverage hingga Rp 150.000.000. Untuk tahap awal, 1.000 mitra pengemudi Grab yang berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tangerang maupun Bekasi akan dapat mengakses fasilitas pinjaman bunga ringan ini.

Selain itu, Grab dan Bank BRI juga bekerja sama untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios produktif yang selama ini belum mendapatkan akses kredit ke bank. KUR adalah program inklusi keuangan pemerintah dan BRI dengan pinjaman sampai sebesar Rp 50.000.000, suku bunga yang sangat rendah yaitu 6% per tahun serta masa pinjaman selama 1-3 tahun.

Melalui kolaborasi ini, mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios akan diproses aplikasinya setelah melalui screening awal yang dilakukan oleh Grab berdasarkan data kinerja mereka.

“Kami percaya dalam menggunakan teknologi untuk terus membawa dampak positif dan akan terus berinovasi untuk menemukan cara lain untuk membantu mitra kami dalam menghadapi situasi pandemi saat ini. Kami bersyukur memiliki Bank BRI sebagai mitra strategis kami yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk membantu mereka yang terdampak dari situasi ini. Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini,” jelas Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI menambahkan “Kami memahami, pekerja harian dan pelaku UMKM seperti mitra pengemudi Grab adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini. Mayoritas masyarakat harus Work From Home dan menerapkan physical distancing, sehingga berdampak pada penghasilan mereka. Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Grab,”

Handayani juga menambahkan, bahwa penyaluran pinjaman ini dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dengan melakukan assessment terkait besaran kebutuhan sesungguhnya mitra Grab.

“Kami juga bekerjasama dengan Grab agar seluruh mitra yang mengambil fasilitas ini telah memenuhi seluruh persyaratan minimum seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Grab.” imbuhnya.

Selama masa pandemi ini berlangsung, Grab senantiasa mengajak mitra bisnis untuk bersama-sama mengumpulkan sumber daya dan memperluas inisiatif bantuan kepada mitra pengemudi, mitra merchant GrabFood, dan mitra GrabKios yang terdampak dari kondisi ini. Mereka terus berjuang untuk memastikan roda ekonomi terus berputar, memenuhi kebutuhan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan mereka masing-masing.

Selain meningkatkan Standar Keamanan Terpadu untuk Layanan Pesan-antar Makanan lewat kerja sama dengan para mitra merchant untuk meningkatkan standar prosedur penyiapan makanan untuk memastikan keamanan dan kebersihan, GrabFood juga telah mengembangkan Program Bantuan Bisnis Mitra GrabFood, yaitu sebuah program yang berjalan selama tiga bulan untuk membantu mereka melalui masa sulit ini dengan memanfaatkan berbagai perangkat dan layanan GrabFood.

Program ini ditujukan untuk mendukung mereka dalam menghemat biaya dan meningkatkan permintaan dari pelanggan.

Untuk mitra restoran, Program Dukungan Merchant akan membantu mereka untuk:

  • Menghasilkan pendapatan tambahan melalui peningkatan visibilitas dalam aplikasi, promosi khusus, dan kategori khusus untuk restoran lokal.
  • Mengurangi biaya operasional melalui program cashback untuk bahan makanan umum dan diskon pada kemasan makanan.

“Perjuangan kita masih panjang, dan Grab tidak pernah berhenti untuk membawa inisiatif baru yang dapat memberi kemudahan dan ketenangan bagi mitra kami dalam beroperasi. Harapannya, kita semua dapat menghadapi situasi ini dan bangkit bersama-sama. Ini merupakan tugas kita bersama. #KitaVSCorona.” tutup Neneng.

Recent Articles

Huawei Serempak Luncurkan Smartphone, Tablet, dan Earphone

Technologue.id, Jakarta - Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia meluncurkan tiga produk terbaru sekaligus yang terdiri dari smartphone Nova 7, tablet MatePad,...

Karyawan Outsourcing Bobol Data Denny Siregar, Kok Bisa?

Technologue.id, Jakarta - Media sosial dihebohkan dengan tertangkapnya pelaku pembobol data pribadi Denny Siregar yang merupakan karyawan outsourcing Telkomsel. Tanda tanya besar...

Terancam Digugat Rp 15 Triliun, Telkomsel: Silahkan Saja

Technologue.id, Jakarta - Kasus kebocoran data Denny Siregar membuat Telkomsel harus menelan pil pahit lantaran akan digugat senilai Rp 15 triliun rupiah.

PUBG Mobile Luncurkan Peta Livik untuk Pertempuran Gesit dan Epik

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile bakal luncurkan peta baru yang dirancang khusus untuk pertandingan kecil dan cepat. Peta Livik membentang dua kilometer dan...

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Related Stories