Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Bantu UKM Hadapi Gempuran Pandemi Covid-19, Masterweb Network Rilis Layanan New Web1Menit
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tahun 2020 memang terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pasalnya baru berjalan selama 3 (tiga) bulan namun perekonomian mengalami goncangan yang begitu dahsyat. Perekonomian tiba-tiba mengalami kemerosotan dalam waktu yang singkat disebabkan karena adanya penyebaran pandemi Covid-19.

Sejak World Health Organization (WHO) mengabarkan bahwa pandemi Covid-19 merupakan salah satu pandemi dunia, karakteristik konsumen di berbagai aspek bisnis mengalami perubahan yang signifikan. Dimana konsumen menjadi lebih waspada untuk melakukan segala hal termasuk untuk berbelanja secara langsung.

Berdasarkan hasil laporan yang dilansir dari Yelp: Coronavirus Economic Impact Report pada bulan April 2020, mengungkapkan beberapa aspek bisnis yang mengalami dampak dari pandemi Covid-19 dan ada juga aspek bisnis yang malah mengalami tren pertumbuhan yang diakibatkan pademi tersebut. Perlu diingat, hasil laporan dari Yelp ini merupakan laporan di negara Amerika Serikat namun cukup menggambarkan kondisi perekonomian di Indonesia saat pandemi ini.

Mayoritas aspek bisnis yang mengalami penurunan menurut hasil laporan Yelp adalah aspek sekunder yang dalam pemenuhannya dirasa tidak begitu penting untuk para konsumen seperti toko gaun pengantin turun sebesar 63%. Sementara itu, karena diberlakukannya larangan melakukan aktivitas di luar rumah, pusat-pusat perbelanjaan mengalami penurunan omset sekitar 63% sampai dengan 70% dan toko-toko di pinggir jalan juga turun sebesar 41%.

Sedangkan aspek bisnis yang mengalami peningkatan pembelian terjadi pada bisnis-bisnis yang dilakukan secara online seperti bisnis agrikultur (seperti toko buah dan sayur, hasil perkebunan) dengan peningkatan sebesar 430%, toko bahan pangan naik sebesar 200% dan jasa kurir mengalami peningkatan sebesar 95%. Peningkatan pada aspek bisnis tersebut disebabkan karena sudah mulai diberlakukan pelarangan aktivitas di luar rumah sehingga para konsumen lebih memilih memenuhi segala kebutuhannya melalui media online.

Informasi tersebut sejalan dengan data yang diungkapkan oleh Kirill Mankovski, selaku Managing Director ADA Indonesia yang menerangkan bahwa terdapat 2 (dua) perubahan karakteristik konsumen yang timbul karena dampak dari pandemi Covid-19 yaitu konsumen adaptif (The Adaptive Shopper) dan bekerja dari rumah (Work from home). Perubahan karakteristik konsumen tersebut terlihat dari banyaknya pemakaian aplikasi belanja online selama bulan Maret 2020 yang naik sebesar 300% dan mengalami puncak kenaikan lebih besar dari 400% di pertengah bulan Maret 2020. Kirill juga menambahkan, hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan bertambah lebih besar di bulan-bulan berikutnya seiring pola karakteristik konsumen yang sebagian besar sudah melek teknologi digital.

Sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan web hosting, PT. Master Web Network turut prihatin terhadap musibah pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi oleh masyarakat Indonesia khususnya para pelaku UKM di Indonesia. Dimana pandemi ini menjadi tantangan terbesar yang harus dilalui oleh para pelaku UKM dalam mempertahankan bisnis yang sudah lama mereka kelola. Melihat fenomena tersebut, Masterweb ingin mengupayakan agar para pelaku UKM bisa bangkit dari gempuran pandemi Covid-19 dengan mengikuti tren pergerakan karakteristik konsumen yaitu mengubah metode berjualan cara lama (konvensional) mereka dengan berjualan secara online.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Indra Hartawan selaku Direktur PT. Master Web Network merilis layanan pembuatan website New Web1Menit yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para pelaku UKM dan sebagai bentuk kepedulian Masterweb terhadap aspek bisnis yang ada di Indonesia.

"Layanan New Web1Menit diharapkan bisa menjadi peluang yang baik untuk para pelaku bisnis dalam mempertahankan bisnis dan bisa menjadi solusi yang tepat untuk menekan tingkat penurunan penjualan akibat dari pandemi Covid-19" ujar Indra menjelaskan alasannya merilis New Web1Menit.

New Web1Menit merupakan pembaharuan layanan pembuatan website yang dibuat dengan menyederhanakan proses pembuatan website sehingga memudahkan para pengguna khususnya para pelaku UKM dalam membuat maupun mengoperasikan tanpa memerlukan pengetahuan dan keahlian teknis tentang pengkodingan. Layanan ini menawarkan berbagai fitur seperti :

  • Customizable Website Design
    Tersedia ratusan pilihan desain website dengan berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dan siap pakai. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna dapat membuat situs website mewah hanya dengan satu klik.
  • Mobile Responsiveness
    Kompatibel dengan berbagai device termasuk perangkat seluler.
  • Drag and Drop Website Builder
    Tersedia lebih dari 30 widget dasar untuk membangun situs website. Hanya dengan melakukan drag and drop elemen website dan meletakkannya dimanapun sesuai keinginan.
  • Customizable Header & Footer
    Dapat memodifikasi header & footer situs website dengan sangat baik.
  • Beyond Mobile Responsive Website
    Situs website yang responsif di perangkat seluler dengan kecepatan akselerasi yang lebih cepat.
  • Malware Scanning & Removal
    Terdapat fitur keamanan terbaik untuk melindungi situs website dari serangan dunia maya dengan pemindaian dan penghapusan secara otomatis.
  • Instant Disaster Recovery
    Tersedia pencadangan harian sebagai fitur keamanan tambahan yang membantu memulihkan kehilangan data dalam hitungan menit.
  • Data Encryptions
    Didukung dengan enkripsi data yang dapat melindungi data pengunjung atau pengguna yang tidak sah
  • Reduced Weight For Faster Speed
    Dapat menampung kecepatan sebesar 300% lebih cepat daripada situs website normal karena menawarkan pilihan tema yang ringan.
  • High PageSpeed Insights Score
    Buat situs website yang disukai oleh Google. Fitur yang terdapat dalam New Web1Menit ini membantu mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google.

Dengan pembaharuan dari New Web1Menit, tentunya menjadi langkah baru untuk Masterweb Network sebagai perusahaan jasa web hosting terbaik No.1 di Indonesia yang menghadirkan berbagai layanan web hosting untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya termasuk dalam hal layanan pembuatan website. Dan menjadi awal yang baru juga untuk para pelaku UKM bisa membuat bisnis online sendiri dengan mudah.

Sekarang membangun sebuah situs website online untuk bisnis tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan kemunculan layanan New Web1Menit, hanya membutuhkan waktu 5 (lima) menit saja, membuat situs website dengan desain profesional kini dalam genggaman.

SHARE:

The Lucky Miner, Game Penghasil Uang dari Menambang

Pentingnya First-Party Data, Analitik CRM, dan WhatsApp dalam Meningkatkan Pengalaman Pelanggan