Batam Masuk Prioritas Pembangunan Pusat Data Nasional

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebutkan ada empat daerah yang masuk lokasi prioritas pembangunan Pusat Data Nasional (PDN). Adalah Jakarta, Ibu Kota baru, Labuan Bajo dan juga Batam.

Menteri Johnny menyatakan ada dua lahan yang siap menjadi titik pembangunan PDN di Batam, pertama adalah Desa Balerang, dan yang kedua adalah Nongsa Digital Park. Keduanya sudah dilakukan peninjauan lahan dan dinilai siap.

Baca Juga:

Kominfo Ungkap Hasil Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz


“Kita sebagai bangsa yang besar membutuhkan redundancy pusat data atau redundancy government cloud. Jadi tidak saja di Jakarta, tetapi juga wilayah strategis seperti Batam,” katanya, Jumat (24/4/2021).

“Desa Balerang dan Nongso Digital Park di Batam kedua-duanya telah siap untuk menjadi lokasi pusat data atau government cloud. Nanti secara teknis pasti akan dibicarakan di antara tim,” lanjut Menteri Johnny.

Berdasarkan penurutan Menteri Johnny, dua lokasi strategis yang ada di Batam nantinya akan dipilih salah satu. Keduanya akan dianalisa mana yang paling efisien dan produktif untuk masa saat ini dan masa depan.

Baca Juga:

Peletakan Batu Pertama Pembangunan BTS 4G di Wilayah 3T


Lokasi pertama di Ibu Kota Negara sendiri menurut Menteri Johnny akan rampung akhir tahun 2023. Ia juga menyebut bahwa pembangunan government cloud ini akan berlangsung dengan standar yang paling tinggi di dunia.

“Itu harus memenuhi beberapa standar teknis dari power suply, akses cloud atau ruang server, security, safety dan tentu untuk Indonesia pertimbangan geostrategis akan menjadi acuan yang penting juga,” tutupnya.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories