Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Baterai Blade Generasi Kedua Bakal Diluncurkan BYD Agustus 2024
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Baterry Blade atau Baterai Blade generasi kedua untuk kendaraan listrik BYD bakal diluncurkan pada Agustus 2024. Sejak pertama kali dikenalkan pada 2020, baterai ini diklaim punya keamanan yang tinggi.

Wakil Presiden BYD, He Long menyebutkan sejumlah keunggulan pada Baterai Blade mulai dari suhu awal yang tinggi untuk reaksi eksotermik, pelepasan panas yang lambat dan pembangkitan panas yang rendah, serta kemampuan tidak melepaskan oksigen jika terjadi kerusakan atau mudah terbakar.

Baca Juga:
Ditusuk Pakai Paku, Baterai Blade Milik BYD Tidak Terbakar dan Meledak

Perusahaan mengembangkan Baterai Blade generasi kedua ini dalam beberapa tahun terakhir. Sel-sel tunggal disusun bersama dalam sebuah array dan kemudian dimasukkan ke dalam paket baterai.

Karena struktur paket baterainya dioptimalkan, pemanfaatan ruang paket baterai juga meningkat menjadi lebih dari 50% dibandingkan dengan baterai blok litium besi fosfat konvensional. Saat menjalani uji penetrasi paku, Baterai Blade tidak mengeluarkan asap atau api setelah ditusuk dan suhu permukaannya hanya mencapai 30 hingga 60°C.

Baterai Blade juga lulus kondisi pengujian ekstrem lainnya, seperti dihancurkan, dibengkokkan, dipanaskan dalam tungku hingga 300°C, dan diisi daya berlebih sebesar 260%. Tak satu pun dari hal ini mengakibatkan kebakaran atau ledakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak produsen kendaraan listrik bersaing untuk menciptakan baterai dengan daya jangkauan yang lebih jauh. Ketika jangkauan menjadi faktor utama, fokus ini kemudian dialihkan ke pembuat baterai listrik yang mengarah pada upaya kepadatan energi yang tidak masuk akal dalam industri baterai.

Karena fokus yang tidak praktis pada kepadatan energi inilah, faktor keamanan dan keselamatan telah dikesampingkan dalam pengembangan baterai listrik. Baterai Blade BYD bertujuan untuk mengembalikan keamanan baterai ke garis depan.

Baca Juga:
Jalin Kerjasama, PLN Dapat 10.000 Unit Mobil Listrik dari BYD

“Saat ini, banyak merek kendaraan berdiskusi dengan kami mengenai kemitraan berbasis teknologi Baterai Blade. BYD dengan senang hati akan berbagi dan bekerja sama dengan mitra global untuk mencapai hasil yang saling menguntungkan bagi seluruh pelaku industri," kata He Long.

Kabarnya, sedan listrik terbaru BYD yakni Han EV, akan dilengkapi dengan Blade Battery. Model baru ini akan memimpin Dinasti BYD dengan daya jelajah 605 kilometer dan akselerasi 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,9 detik.

SHARE:

OpenAI Akan Gunakan Posting-an Reddit untuk Melatih ChatGPT

Rumor Apple Bakal Rilis iPhone 17 Slim pada September 2025