Beberapa Teori Biologi yang Selama ini Keliru

  1. Manusia Berasal dari Kera

Pemikiran tentang manusia berasal dari evolusi kera berasal adalah salah. Faktanya, Darwin yang menciptakan teori tersebut tidak pernah mengklaim bahwa manusia berevolusi dari kera modern. Sebaliknya, ia berpendapat bahwa mengenai berbagai kesamaan yang manusia miliki dengan monyet atau kera modern, dan nenek moyang keduanya tidak sama pada jutaan tahun lalu.

  1. Manusia Berada di Puncak Rantai Makanan

Tim peneliti asal Prancis menghitung dan mengatur dengan tepat di mana manusia berada dalam rantai makanan. Berdasarkan perilaku makannya, manusia sebenarnya tidak memiliki peringkat lebih tinggi dari ikan teri atau babi. Ditambah lagi, rantai makanan bukanlah berbentuk piramida. Manusia merupakan spesies makhluk pemakan hewan & tumbuhan (omnivora), namun tidak berada di puncak rantai makanan.

  1. Kucing dan Anjing Buta Warna

Ada mitos yang mengatakan kucing dan anjing hanya bisa melihat warna hitam dan putih. Berawal dari percobaan tahun 1915, ketika para peneliti gagal mengajarkan kucing untuk membedakan antara kertas berwarna dan abu-abu. Eksperimen selanjutnya menunjukkan bahwa kucing bisa melihat warna kecuali merah, mereka tidak bisa melihat sejelas manusia. Anjing pun sama, hanya sebagian buta warna dan tidak dapat membedakan antara merah dan jingga, tetapi mereka tidak memiliki masalah dengan warna lain.

  1. Manusia Hanya Memiliki Lima Indera

Prinsip panca indera diperkenalkan oleh Aristoteles. Namun, sepertinya filsuf bangsawan tersebut salah paham. Jika indera adalah bagaimana otak mengetahui informasi tentang dunia luar, maka harus ada lebih dari lima. Lapar, haus, dan merasakan sakit juga merupakan indera yang memberi kita informasi tentang keadaan tubuh. Selain itu, manusia juga memiliki reseptor untuk sensitivitas dan suhu. Daftar ini dapat bertambah tergantung situasinya.

  1. Peta Pengecap Lidah

Umumnya orang mengetahui lidah dibagi dalam empat area yaitu manis, asam, asin, dan pahit, sesuai dengan letaknya masing-masing dan hanya dapat mengecap rasa tertentu saja. Nyatanya, lidah bisa mengenali semua rasa di setiap bagiannya. Peta rasa lidah yang dibuat pada tahun 1901 telah terbukti salah berkali-kali.

  1. Zat Gula Menyebabkan Anak Hiperaktif

Banyak orang tua percaya ada hubungan antara hiperaktif anak-anak mereka dan diet. Namun, sebagian besar penelitian tidak menemukan hubungan antara konsumsi gula dan perilaku anak hiperaktif. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang tua tidak tahu jika seorang anak hiperaktif diberi permen, saat efek gulanya sudah hilang anak tersebut tetap hiperaktif.

  1. Tikus Lemming Bunuh Diri

Salah satu rumor yang paling umum tentang makhluk ini adalah mereka suka bunuh diri massal dengan melompat dari tebing. Khayalan ini diperkenalkan oleh film Disney White tahun 1958, di mana mereka menampilkan adegan tikus Lemming yang saling mendorong ke bawah tebing. Faktanya, seluruh kelompok tikus yang melompat dari tempat tinggi atau berenang jarak jauh hanyalah perilaku migrasi normal untuk menemukan rumah baru.

  1. Burung Unta Mengubur Kepalanya di Pasir untuk Bersembunyi

Sebetulnya Burung Unta membenamkan kepalanya di pasir untuk menelan kerikil sebagai cara untuk membantu pencernaannya, atau untuk bersarang dan mengerami telur. Jadi bukan untuk bersembunyi dari bahaya. Faktanya, ketika burung unta merasakan bahaya, mereka akan mencoba melarikan diri. Jika mereka tidak bisa lari, mereka akan jatuh ke tanah atau berhenti.

  1. Ikan Mas Tidak dapat Mengingat Apapun Lebih dari Tiga Detik

Seseorang dengan ingatan buruk sering disamakan dengan ikan mas yang diyakini hanya menyimpan informasi selama tiga detik. Apakah benar demikian?, faktanya beberapa penelitian menunjukkan bahwa ikan mas yang dilatih untuk merespons suara tertentu dapat mengingat reaksi ini selama berbulan-bulan.

  1. Manusia Tidak dapat Mengembangkan Sel Otak Baru

Pemahaman bahwa ketika sel-sel otak mati, tidak akan ada sel baru yang muncul adalah salah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa otak manusia terus membuat sel-sel baru seiring waktu. Proses ini dikenal sebagai Neurogenesis.

  1. Darah Deoksigenasi Berwarna Biru

Kesalahan selanjutnya adalah tentang darah biru terdeoksigenasi (kemampuan untuk melepaskan kembali oksigen dikapiler jaringan)
bahkan teori ini terdapat dalam buku-buku biologi. Faktanya, darah manusia selalu berwarna merah karena mengandung sebagian besar sel darah merah. Memang benar bahwa pembuluh darah kita terlihat biru, tetapi itu hanya adalah cara gelombang cahaya yang dipantulkan dari kulit, merah diserap dan biru dipantulkan.

  1. Unta Menyimpan Air di Punuknya

Memang benar bahwa unta dapat bertahan selama berhari-hari tanpa air, tetapi bukan karena cadangan air yang tersimpan di punuknya, seperti yang sering dipikirkan banyak orang. Punuk unta digunakan untuk menyimpan jaringan lemak, bukan air. Jaringan ini memberi energi unta selama beberapa hari, karena di padang pasir sulit mendapat makanan. Unta menyimpan air di ginjal dan usus mereka.

Recent Articles

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Bercerai dengan Intel, Segini Keuntungan yang Didapat Apple

Technologue.id, Jakarta - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple mengkonfirmasi perpisahannya dengan Intel. Sejumlah pihak menilai keputusan ini diambil guna menghemat pengeluaran perusahaan.

WFH Bikin Penjualan PC Meningkat Secara Global

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah paradigma tentang banyak hal, termasuk bisnis. Beberapa industri ada yang berdampak sangat buruk, namun di...

Related Stories