Beda Akhlak Vivo dan Apple di Dunia Kreatif

Technologue.id, Jakarta – Lagu “Dream Girl” besutan Anna of The North saat ini tengah ramai diperbincangkan. Sebelum digunakan dalam iklan Vivo V20, lagu ini juga pernah digunakan Apple untuk produk iPad Pro.

Nah sebenarnya apa sih yang membedakan keduanya dalam menggunakan lagu besutan musisi asal Norwegia ini? Yuk kita ulas lebih jauh.


Vivo V20
VIvv Indonesia disebut menggunakan lagu Dream Girl tanpa izin. Menurut Anna, produsen ponsel itu telah meraup keuntungan besar tanpa memberikannya bayaran dan bahkan tanpa menyematkan kredit.

Meskipun pada liriknya berbeda, Anna menuding Vivo Indonesia telah mencuri lagunya dan memperlakukannya secara tidak adil. Ia beralasan Instrumen dan melodi yang digunakan pada iklan Vivo V20 sangat mirip dengan lagunya.

Baca Juga:

Peluncuran Vivo V20 Disiarkan di Banyak Stasiun TV

Apple iPad Pro
Penggunaan lagu Dream Girl pada iklan iPad Pro sejauh ini tidak dipermasalahkan. Sebab Apple secara resmi menyertakan credit dalam deskripsi iklannya.

Tertulis dengan jelas Anna of The North sebagai pemilik lagu dan tersemat salinan URL yang mengarah pada laman Apple Music Anna. Hal ini dilakukan karena Dream Girl yang digunakan oleh Apple merupakan lagu orisinil tanpa ada perubahan sedikitpun.

Baca Juga:

iPad Pro Jadi yang Pertama Pakai mini-LED Display?

Kasus dugaan pencomotan lagu tanpa izin oleh Vivo Indonesia ini sendiri mencuat setelah Anna buka suara di media sosial Instagramnya.

Dalam postingannya pada Sabtu (2/9/2020) itu, selain menampilkan raut wajah kekecewaan, Anna juga menampilkan cuplikan iklan Vivo V20 Series yang dibintangi oleh Maudy Ayunda.

Anna juga turut menuliskan, “Wajah saya ketika orang mencuri lagu saya, menggunakannya dalam iklan besar dan mendapatkan bayaran banyak untuk itu bahkan tanpa memberi saya kredit. Mereka benar-benar merobek semuanya …. Gesek untuk mendengar kegilaan ini.”

Latest News

Vivo Perluas Pasar ke Wilayah Eropa

Technologue.id, Jakarta - Vivo, salah satu pemain smartphone asal Tiongkok kini tak hanya menyasar pasar Asia. Setelah mendapatkan respon positif dari beberapa...

Sambut Halloween, PUBG Mobile Bikin Event Spooky Halloweeks

Technologue.id, Jakarta - Akhirnya PUBG Mobile mulai perayaan Halloween-nya dengan nama Halloweeks. Di event Halloween tahun ini, PUBG Mobile akan bawakan Infection...

Twitter Bantah Akun Donald Trump Dibobol

Technologue.id, Jakarta - Twitter dan Gedung Putih membantah keras kabar aksi peretasan akun milik Presiden Amerika Serikat Donald Trump oleh seorang peneliti...

Bug di Android 11 Sebabkan Masalah pada Mode Full Screen

Technologue.id, Jakarta - Sejumlah bug ditemukan di Android 11 sejak peluncurannya beberapa waktu lalu. Temuan terbaru adalah bug yang membuat aplikasi sulit...

Twitter Trump Berhasil Dibobol, Ternyata Ini Kata Sandinya

Technologue.id, Jakarta - Seorang peneliti keamanan siber asal Belanda, Victor Gevers menyebut dirinya sukses menebak akun Twitter Presiden AS Donald Trump. Ia...

Related Stories