Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Bedah Teknologi ADAS pada Mobil Listrik, Ada Fitur untuk Cegah Tabrakan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Era mobil listrik kini semakin berkembang pesat dan menghadirkan beragam inovasi teknologi serta fitur-fitur pintar yang fungsinya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Salah satunya adalah fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

“Fitur ADAS pada smart EV menjadi salah satu fitur yang sangat penting saat ini, terutama mengingat kondisi jalanan di Indonesia, khususnya di area perkotaan yang padat. Kondisi ini sering membuat pengendara cepat lelah dan kurang awas terhadap lingkungan sekitarnya," ujar Jordy Angkawidjaja, Product Planning Manager PT Neta Auto Indonesia.

Baca Juga:
Penuhi TKDN 40%, Neta V-II Resmi Diproduksi di Indonesia

Seperti diketahui, teknologi ADAS merupakan penggabungan sensor, kamera serta sistem pintar yang dapat mendeteksi area mobil sehingga membantu pengemudi mencegah potensi kecelakaan saat sedang berkendara. Lantas, apa saja fitur-fitur yang tertanam pada teknologi ADAS, khususnya pada mobil listrik Neta V-II? Berikut ulasannya.

Neta V-II merupakan salah satu mobil listrik yang sudah ditanamkan teknologi ADAS. Fitur Smart Driving dengan 9 fungsi ADAS pada Neta V-II dihadirkan untuk memberikan perlindungan keamanan dan keselamatan tambahan saat di perjalanan. Adapun fitur tersebut adalah:

  1. Forward Collision Warning (FCW)
    Fitur ini mampu mendeteksi objek yang berpotensi terjadi tabrakan dan akan memberikan peringatan kepada pengemudi.
  2. Automatic Emergency Braking (AEB)
    Ketika mobil mendeteksi objek yang berpotensi mengakibatkan kolisi, sistem akan melakukan bantuan pengereman untuk mengurangi dampak tabrakan.
  3. Front Vehicle Start Alert (FSA)
    Sistem ini berfungsi mendeteksi pergerakan objek yang ada di mobil. Apabila saat kondisi berhenti lampu merah, objek di depan bergerak maju, sistem akan memberikan pengingat berupa suara kepada pengendara.
  4. Full-Speed Adaptive Cruise Control (ACC)
    Sistem akan membantu mobil berakselerasi dan deselerasi menyesuaikan kecepatan kendaraan di depannya.
  5. Traffic Jam Assist (TJA)
    Sistem ini adalah bagian dari Adaptive Cruise Control (ACC) yang membaca jarak mobil di depannya dan membantu mobil berakselerasi dan deselerasi secara otomatis saat berada di kemacetan atau saat di jalan raya dan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, serta mengurangi kelelahan berkendara di jalan.
  6. Intelligent Cruise Assist (ICA)
    Sistem akan aktif di kecepatan diatas 60 km/jam. Dimana sistem ini membantu menjaga mobil agar selalu berada di jarak yang aman dari mobil di depannya.
  7. Lane Departure Warning (LDW)
    Fitur ini akan membantu mendeteksi apabila mobil berpindah jalur tanpa disengaja dan akan memberikan peringatan.
  8. Emergency Lane Keeping System (ELKS)
    Apabila peringatan dari Lane Departure Warning diabaikan, maka sistem akan melakukan koreksi pada setir, agar mobil kembali ke lajur yang benar.
  9. High Beam Assist (HBA)
    Sistem ini memungkinkan lampu depan mobil secara otomatis beralih antara lampu jauh dan lampu dekat, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Baca Juga:
Neta dan Permata Bank Jalin Kerjasama untuk Fasilitas Pembiayaan

“Dengan fitur ADAS, beban pengendara dapat berkurang karena fitur ini dapat memberikan bantuan agar pengemudi lebih waspada serta mengurangi impact saat terjadi tabrakan. Dan Neta V-II sendiri memiliki 9 fungsi ADAS tersebut dan sangat cocok untuk pasar Indonesia,” tambah Jordy.

SHARE:

Presiden Jokowi Bentuk Satgas Judi Online, Ini Tugas dan Susunan Anggotanya

Visi Barcode Gokart Hadirkan Bibit-bibit Pembalap Formula 1