Technologue.id, Jakarta – Konsol terbaru buatan Sony sudah siap diluncurkan. Namun sebelum itu, mereka terlebih dahulu memberikan sejumlah kisi-kisi terkait dengan fitur maupun spesifikasi dari PlayStation 5 (PS5).

Mengutip dari TheVerge (18/03/20), PS5 dikabarkan bakal menggunakan prosesor delapan core kostum dari AMD Zen 2 yang memiliki kecepatan 3,5 GHz. Sementara untuk pemroses grafisnya, ada GPU kostum dari arsitektur AMD RDNA 2 yang memiliki 10,28 teraflops dan 36 compute unit dengan kecepatan 2,23 GHz.

Baca Juga:
Harga PlayStation 5 Sentuh Rp 7 Jutaan?

Sementara untuk media penyimpanannya, Sony menyematkan SSD kostum berkapasitas 825 GB. Untuk mendukung kinerja CPU dan GPU, pada PS5 juga tertanam RAM GDDR6 berkapasitas 16 GB. Dengan kecepatan setidaknya 5,5 GB per detik, SSD tersebut diklaim mampu membuat kinerja PS5 bakal jauh melesat.

Penggunaan SSD sendiri berdampak cukup besar bagi PS5. Sony sendiri sempat melakukan perbandingan kinerja PS5 dengan PS4 melalui game Spider-Man. Hasilnya, PS4 yang masih menggunakan harddisk memakan waktu 8 detik untuk loading. Sementara pada PS5, waktu loading yang dibutuhkan kurang dari 1 detik.

Meski tak lagi menggunakan harddisk, Sony merancang PS5 untuk tetap bisa mendukung penggunaan harddisk eksternal dengan interface USB. Ini dilakukan agar pengguna tetap bisa memainkan game PS4 pada PS5. Tak cuma itu, Sony pun menyematkan blu-ray drive 4K. Hanya saja, jika ingin memainkan game dari blu-ray, pengguna harus melakukan instalasi terlebih dahulu ke SSD internal.