Begini Wujud Pantai “Palsu” yang Bisa Dibuat dengan Unreal Engine 4

Begini Wujud Pantai “Palsu” yang Dibuat dengan Unreal Engine 4 (source: YouTube @Koola)

Technologue.id, Jakarta – Perbedaan antara dunia game dan dunia nyata nampaknya akan semakin tipis saja. Hal tersebut bisa dilihat dari sebuah scene pantai yang tersebar dilaman YouTube, dan benar-benar terlihat seperti sebuah pantai yang ada di bumi.

Dilansir dari Motherboard (31/7/2017), seorang seniman grafis komputer dengan username Koola belum lama ini merilis sebuah set pemandangan pantai yang cukup menakjubkan. Pemandangan tersebut dibuatnya dengan menggunakan mesin pengembangan game populer, yakni Unreal Engine 4.

Set yang tampil dalam sebuah video berdurasi 30 detik tersebut terlihat bebatuan pantai yang mengkilap, bebatuan yang didominasi oleh pasir, dan butiran pasiran kecil yang turut memantulkan cahaya matahari. Getaran air laut yang tampil pada video tersebut juga terlihat hampir nyata, walau masih dapat disebut sebagai “gerakan grafis komputer”.

Perpaduan foto serta video demo singkat yang disebar di YouTube tersebut memamerkan apa yang dimiliki oleh Unreal Engine terbaru tersebut. Sehingga, dunia game nantinya akan semakin terlihat nyata, seperti yang sudah dapat dilihat pada game seperti Gears of War dan Mass Effect.

Tidak hanya landscapes, Koola di dalam saluran YouTube-nya juga menujukan bagaimana Unreal Engine 4 dapat membuat objek tiga dimensi yang rumit. Selain itu, mesin pengembang grafis tersebut juga dapat menempatkannya dalam suatu ruang, yang juga memiliki penampilan yang nyata.

Unreal Engine 4 saat ini juga dapat digunakan secara bebas, sehingga permainan video game kedepannya akan semakin menjanjikan. Namun, set yang diciptakan oleh Koola bukan berarti bisa secara mentah-mentah dimasukan ke dalam game, karena masih banyak hal yang harus diperhitungkan, seperti AI, fisik karakter, dan beragam perhitungan rumit lainnya.

Belum lagi, para pengembang game masih harus memperkirakan perangkat yang digunakan oleh target market mereka, yang masih banyak diisi oleh PC kelas menengah, Xbox One, dan juga PS 4 yang masih memiliki pengolah grafis yang terbatas.

Baca juga:

GamePad Ini Permudah Main MOBA Mobile

GamePad Ini Permudah Main MOBA Mobile

Game Mobile Kini Lebih Laris Ketimbang PC dan Konsol