Bela UMKM Saat Pandemi, Kominfo Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan kampanye #KitaBelaKitaBeli sebagai bagian dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia (Gernas BBI) untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar membeli produk lokal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Johnny G. Plate, Menteri Kominfo menyampaikan, kampanye #KitaBelaKitaBeli selain bertujuan mengajak masyarakat untuk belanja produk industri dalam negeri, sekaligus mendorong UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam strategi pemasarannya.

“Tema Kita Bela Kita Beli dipilih untuk mendorong upaya kolaborasi bersama untuk menjaga UMKM Ultra Mikro kita. Selama masa pandemi ini UMKM Ultra Mikro mengalami tantangan dan juga harus melakukan berbagai penyesuaian termasuk peralihan aktivitas usaha ke ruang-ruang digital,” ujar Menteri Johnny, saat mengadakan konferensi pers virtual, Kamis (16/7/2020).

Baca Juga:
Kominfo Gagas Tiga Program Pelatihan Bidang Digital di Masa Pandemi

Ia menuturkan, potensi UMKM di Indonesia sangat besar. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, terdapat 64 juta UMKM di Indonesia berkontribusi sekitar 60 persen dari pendapatan domestik bruto nasional atau PDB nasional. Oleh karena itu, UMKM disebut sebagai soko guru penting bagi perekonomian negara.

Melalui Gernas BBI, pemerintah memberikan stimulus khusus UMKM dan Ultra Mikro sebesar Rp123,46 triliun dari total anggaran program pemulihan ekonomi nasional Rp607,65 triliun.

“Jumlah ini diharapkan dapat membantu UMKM dan Ultra Mikro di masa pandemi COVID-19. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan juga memberikan insentif pajak dengan pembebasan pembayaran PPH final setengah persen pada pelaku UMKM Ultra Mikro untuk masa pajak April sampai September 2020,” ungkapnya.

Baca Juga:
Menkominfo: Pandemi Bawa Peluang, Bukan Cuma Kesulitan

Selain bantuan finansial, stimulus juga diberikan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan terutama untuk membantu UMKM beradaptasi dengan kondisi saat ini dengan berjualan di platform digital atau disebut digital onboarding.

Dari 64 juta UMKM, sudah sekitar 9,4 juta atau setara dengan 14,68 persen yang sudah go online. Sejak diluncurkan pada 14 Mei lalu hingga Juni 2020, sebanyak lebih dari 500 ribu UMKM baru telah melakukan digital onboarding.

Rangkaian kampanye #KitaBelaKitaBeli dilaksanakan pada 16-31 Juli 2020.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories