Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Belanja Aplikasi Meroket Selama Q3 2020
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Selama pandemi Covid-19, penggunaan aplikasi seluler semakin melonjak. Ini dikarenakan orang-orang 'terjebak' di rumah sehingga mereka terhubung secara online untuk bekerja, sekolah, dan bersosialisasi.

Menurut data baru dari App Annie, Q3 2020 adalah kuartal terbesar dalam hal pengeluaran konsumen untuk aplikasi. Selain itu, rata-rata waktu mingguan yang dihabiskan dalam aplikasi dan game di seluruh dunia naik 20 persen Year on Year (YoY) pada kuartal tersebut, berdasarkan analsis perangkat Android. Ini juga telah diterjemahkan ke rekor peningkatan pengeluaran konsumen di toko aplikasi.

Baca Juga:
Criteo: Terobosan Bersejarah bagi Aplikasi Commerce di Indonesia Selama COVID-19

Pada kuartal ketiga 2020, konsumen di seluruh dunia mengunduh 33 miliar aplikasi baru dan menghabiskan lebih dari US$ 33 miliar melalui toko aplikasi. Angka tersebut merupakan angka terbesar yang pernah ada dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

Tidak kalah mengejutkan, pengguna smartphone juga menghabiskan lebih dari 180 miliar jam setiap bulan pada Juli, Agustus, dan September 2020 menggunakan aplikasi, atau meningkat 25 persen dari tahun ke tahun.

Platform iOS dari Apple menyumbang hampir 9 miliar unduhan - naik 20 persen dari tahun ke tahun. Sementara Google dengan toko aplikasi Google Play-nya menyumbang unduhan 25 miliar dari total 33 miliar unduhan baru di kuartal tersebut. Ada peningkatan angka unduhan sebesar 10 persen dari YoY.

Aplikasi non-game menyumbang 70 persen dari pengeluaran konsumen untuk iOS dan 55 persen untuk Google Play.

Baca Juga:
Aplikasi Video Pendek Makin Naik Daun di Kalangan Musisi dan Artis, Ini Alasannya!

Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok adalah kontributor terbesar untuk pengeluaran konsumen di iOS, dan AS, Jepang dan Korea Selatan adalah yang terbesar di Google Play. Pengguna Android menghabiskan paling banyak pada aplikasi Game, Sosial dan Hiburan, terutama kepada Disney Plus dan Twitch Amazon.

Sementara itu, pengguna iOS menghabiskan paling banyak untuk Game, Hiburan dan aplikasi Foto dan Video, dengan TikTok terutama masuk ke lima besar oleh pengeluaran konsumen untuk iOS pada kuartal tersebut, posisi selanjutnya ada Tinder dan YouTube.

SHARE:

Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Startup Energi Terbarukan Xurya Lolos Sertifikasi B Corp