Technologue.id, Jakarta – Platform e-commerce MatahariMall.com terus memperluas jaringan online-to-offline (O2O) di Indonesia. Dalam inovasi layanan terbarunya, anak perusahaan Lippo Group itu menggandeng perusahaan pengiriman logistik RPX Group. MatahariMall.com dan RPX menghadirkan layanan Paket Ambil Suka-suka (PAS), yang memungkinkan konsumen mengambil paket secara mandiri (self-service package pick up point) di 14.000 jaringan ritel waralaba Indomaret terdekat di seluruh Jawa dan Bali. Alvin Aulia Akbar, Head of Business Development MatahariMall.com, menjelaskan bahwa kerjasama ini menandai langkah besar bagi perusahaan dari sisi inovasi. Apalagi, sebentar lagi MatahariMall.com bakal merayakan perayaan ketiga tahun di industri e-commerce Indonesia. "MatahariMall.com akan hari jadi ke-3 bulan depan. Kerjasama ini jadi kado spesial bagi konsumen. Selain ada promo-promo, kami juga ingin kasih kejutan layanan baru bersama RPX melalui PAS," kata Alvin, saat mengumumkan inisiasi Layanan PAS, di Jakarta, Kamis (30/08/2018).
Baca juga:
Transaksi Menggiurkan, Indonesia Jadi Ladang Bisnis E-commerce
Alvin tak memungkiri bahwa perusahaan mendapat banyak insight terkait masalah dan tantangan saat konsumen memilih layanan pengantaran. Ia menjelaskan, misalnya konsumen terbentur tarif ongkos kirim paket yang terbilang mahal. Lalu, ada juga permasalahan bila konsumen seseorang yang mobile, belum tentu ada di tempat ketika barang sampai sehingga bisa terjadi failed delivery. "Di sini, kami ingin memberikan bagaimana cara kasih solusi kemudahan bagi konsumen. Konsep O2O menonjolkan sisi fleksibilitas, mereka bisa ambil barang kapan saja di Indomaret terdekat," terangnya. Selama satu bulan mendatang, MatahariMall.com menargetkan PAS akan mampu melayani 5000 transaksi.Baca juga:
Potensi Besar, JNE Ikut Andil Bangun Ekosistem Bisnis E-commerce
Di kesempatan acara yang sama, Albert David Palit, General Manager E-commerce And Marketing RPX, membandingkan tarif PAS akan lebih murah ketimbang layanan jasa kurir lainnya. "Pakai PAS harganya Rp 7500 saja, nanti ada promo juga bayarnya cuma Rp 5000. Biaya pengiriman misalnya sesama Jakarta, antara Rp 9000 sampai Rp 10.000," tandasnya. Albert menjelaskan alasan RPX menunjuk Indomaret sebagai rekanan distribusi dalam mengoperasikan layanan PAS ini. "RPX sudah kerjasama dengan Indomaret kurang lebih 2-3 thn lalu. Kita sadar betul mau bersaing dengan kompetitor maka kita harus buka cabang dimana-mana. Bisa sih kerja sendiri tapi gak bisa cepat. Kami ini profitable company yang mengusung konsep sharing economy. Jadi, kami pilih partner yang kuat di distribusi," paparnya.Baca juga:
Dari total 14.000 gerai Indomaret, pihak MatahariMall.com dan RPX masih mempertimbangkan kemungkinan memilih gerai Indomaret tertentu untuk didapuk melayani pengambilan barang secara offline. "Kami akan discuss apakah akan buka semua layanan pick-up point di Indomaret atau tidak. Banyak belum tentu baik dan efektif," tutur Albert. Kerja sama diantara dua perusahaan ini akan terus meningkatkan pelayanan O2O melalui PAS. Ke depannya, layanan PAS juga memungkinkan opsi Cash On Delivery (COD) bagi konsumen untuk dapat melakukan pembayaran secara langsung ketika mengambil paket.