Belum Dapat Restu Kominfo, Clubhouse Terancam Diblokir

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Aplikasi audio chat Clubhouse terancam diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sebab keberadaannya di Tanah Air hingga kini belum mengantongi izin.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Di mana mulai 24 November 2020, setiap PSE wajib mendaftarkan diri ke Kominfo. Jika tidak, maka aplikasi dilarang peredarannya dan akan mulai diblokir.

Baca Juga:

Salahi Aturan OJK, Kominfo Blokir TikTok Cash


Aturan ini mewajibkan PSE mendaftarkan diri paling lambat enam bulan sejak peraturan tersebut berlaku. Dengan begitu Clubhouse masih memiliki waktu hingga akhir Mei 2020 sebelum akhirnya diblokir.

Sebelumnya pada Selasa (16/2/2021) Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi memastikan bahwa Clubhouse belum terdaftar di Kominfo. Ia meminta Clubhouse untuk mematuhi aturan yang berlaku.

“Clubhouse belum terdaftar di Kominfo. kami harap dapat mendaftar sesuai ketentuan dalam PM 5/2020,” kata Dedy.

Baca Juga:

Aplikasi Clubhouse Lagi Ng-Hits, Apa Itu


Untuk diketahui, Clubhouse merupakan media sosial untuk sistem sistem operasi iOS yang menawarkan percakapan audio. Clubhouse memperoleh popularitas setelah digunakan CEO Tesla, Elon Musk.

Secara konsep Clubhouse merupakan sebuah podcast yang menghadirkan obrolan wawancara, atau diskusi mengenai berbagai topik secara live. Namun ini lebih eksklusif karena hanya mereka yang diundang saja yang dapat mendengarkannya.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories