Technologue.id, Jakarta – Zaman Internet-of-Things (IoT) yang sedang mewabah di negara-negara maju kemungkinan besar akan segera menular ke Indonesia. Pasalnya, sejumlah kepala daerah sudah terang-terangan menampilkan inisiatif tersebut. Infrastruktur penunjang pun juga telah dikebut.

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang, kira-kira berapa banyak kota di Indonesia yang sudah atau siap mengimplementasikan konsep smart city, di mana perangkat bisa saling “berkomunikasi” satu sama lain secara otomatis?

Baca juga:

Ini Dia Pemenang Lelang Frekuensi 2,1GHz, Operator Mana yang Dapat?

- Advertisement -

Menjawab ini, redaksi rasa tak ada salahnya untuk mengacu pada apresiasi Smart City Readiness 2017 yang diinisiasi oleh PT Telkom Indonesia. Dalam rilis persnya, Telkom di ujung Oktober 2017 lalu telah mengapresiasi 52 pemerintah daerah yang sudah atau siap mengimplementasikan smart city di wilayahnya masing-masing.

Berapa Banyak Daerah di Indonesia yang Siap Jadi Smart City Saat Ini?
Telkom berikan apresiasi kepada kepala daerah terpilih yang sudah dan siap menerapkan smart city (source: Telkom Indonesia)

Baca juga:

5 Bukti Mesranya Para Profesional di Indonesia dengan LinkedIn

Apresiasi yang diserahkan berupa sertifikat dan free layanan Smart City selama satu tahun, yang terdiri dari aplikasi informasi wisata, aplikasi e-Pelaporan, dan Wifi managed service 10 access point yang dilengkapi dengan managed content Wi-Fi. Harapannya, akselerasi pengembangan Program Smart City Nusantara yang sudah dicanangkan mulai tahun lalu makin tinggi.

Baca juga:

Canon Masukkan Dua Kamera Profesional 4K ke Indonesia, Harga?

Penghargaan kepada 52 pemerintah daerah diberikan kepada 25 pemerintah daerah kota dan kabupaten yang terpilih dalam assessment Gerakan Menuju 100 Smart City yang diinisiasi oleh Kemenkominfo di tahun 2017 ini. Sedangkan untuk 27 pemerintah daerah lainnya apresiasi diberikan berdasarkan kriteria Smart City Tekom dengan paramater kesiapan Connectivity, Content, dan Collaboration.