Berhasil Diretas, Private Message dari 81 Ribu Akun Facebook Diperjualbelikan

Berhasil Diretas, Private Message dari 81 Ribu Akun Facebook Diperjualbelikan

Technologue.id, Jakarta – Media sosial seperti Facebook sudah sering menjadi sasaran empuk para penjahat siber dan beberapa kali juga sempat dibobol. Dan kali ini, ada sejumlah data pengguna yang lagi-lagi berhasil diretas serta diperjualbelikan.

Baca juga:

Facebook Kena Hack, 50 Juta Akun Pengguna Dijebol

Mengutip dari TheVerge.com (02/11/2018), sejumlah konten yang terdapat pada private message milik 81.000 pengguna Facebook yang berhasil diretas kini dilaporkan tengah diperjualbelikan secara online.

Baca juga:

Siapa Pencuri 30 Juta Data User Facebook? Ini Hasil Temuan Mereka

Kasus tersebut pertama kali terbongkar pada sekitar bulan September 2018 lalu, setelah salah satu dari peretas mengiklankan data yang berhasil diretas pada sebuah forum secara online.

Untuk bisa meretas private message dari masing-masing akun, awalnya peretas menyebarkan sebuah extension untuk browser yang kemudian di-download oleh penggunanya. Setelah itu, extension tersebut akan mengambil informasi akun Facebook ketika pengguna mengaksesnya melalui browser.

Baca juga:

Facebook Bangun Sistem Pintar Untuk Perangi Eksploitasi Anak

Setelah berhasil meretas akun Facebook, para peretas tersebut pun menjualnya seharga 10 sen untuk per akun. Adapun database mereka berisi sekitar 120 juta akun. Namun, angka tersebut hingga saat ini belum dikonfirmasi oleh ahli cybersecurity.