Bersama Apple, Foxconn Ikut Ajukan Tuntutan Hukum Kepada Qualcomm

Logo perusahaan Foxconn (source: The Wall Street Journal)

Technologue.id, Jakarta – Pabrikan besar smartphone yang bermarkas di Taiwan, Foxconn berencana mengajukan tuntutan hukum terhadap Qualcomm. Rencana Foxconn itu pun didukung oleh Apple, terutama dalam membantu menanggung seluruh biaya hukum yang harus dikeluarkan.

Dilansir dari The Wall Street Journal (20/7/2017), rupanya tidak hanya  Foxconn yang berniat menarik Qualcomm ke pertarungan hukum, melainkan terdapat 3 perusahaan lagi yang hendak melakukan hal tersebut, yakni Compal, Pegatron, dan Wistron. Isi klaimnya adalah Qualcoom yang mematok biaya berlebihan untuk lisensi paten dan melanggar undang-undang persaingan.

Keempat perusahaan yang mengajukan tuntutan hukum tersebut merupakan perusahaan yang terlibat di dalam proses pembuatan iPad dan iPhone. Tidak heran jika Apple membantu mereka dengan menanggung seluruh biaya hukumnya.

Drama lanjutan antara Apple dan Qualcomm nampaknya akan semakin panas, terlebih dengan munculnya 4 perusahaan yang makin menyudutkan perusahaan asal San Diego tersebut. Haln ini juga merupakan tanggapan atas keluhan hukum kepada Apple yang diduga tidak membayar hak paten yang digunakannya.

CEO Qualcomm, Steve Mollenkopf mengatakan, dirinya seluruh permasalahan yang terjadi bisa diselesaikan di luar jalur hukum. Namun sayang, perusahaannya telah masuk terlalu dalam ke pertempuran ini.

Sebelumnya, FTC juga menuntut Qualcomm untuk menerapkan praktik anti persaingan. Tuntutan ini muncul berdasarkan penahanan pasokan chip yang dilakukan perusahaan tersebut untuk mendapat kesepakatan persyaratan perizinan yang dinilai tidak masuk akal.

Baca juga:

Apple Jalin Kesepakatan dengan Samsung untuk Produksi Chipset A12

Ternyata, #WorldEmojiDay Atau Hari Emoji Sedunia Sarat “Konspirasi” Apple!

Apple Tawarkan Perbaikan Gratis untuk Apple Watch Generasi Pertama