Technologue.id, Jakarta – Apakah Anda bisa menemukan kesamaan antara Isyana Sarasvati dan Chelsea Islan? Selain sama-sama cantik, keduanya ternyata pernah dan sedang menyandang mahkota sebagai brand ambassador Oppo. Isyana yang saat itu berpasangan dengan Rio Haryanto ditugaskan untuk mempromosikan Neo 7. Sementara Chelsea bahu-membahu memopulerkan F1s di Tanah Air bersama Reza Rahadian.

Strategi yang dilakukan Oppo ini memang berbeda dengan kompetitornya. Apple, Samsung, bahkan pemain baru seperti Xiaomi tidak doyan berburu duta merek untuk menggaet atensi masyarakat Indonesia.

Namun, apa yang dilakukan Oppo tersebut faktanya cukup berhasil. Sebab kini, mereka sudah menduduki posisi ketiga di tangga pasar smartphone Tanah Air. Sedangkan flagship teranyar mereka, F1s, laku 10 ribu unit dalam sehari. Selain karena spesifikasinya yang menjual, Chelsea dan Reza yang tampak terampil menggunakan kamera selfie F1s di video teaser-nya pun redaksi yakini berkontribusi terhadap raihan tersebut.

teaser oppo f1s

- Advertisement -

Mendapuk brand ambassador memang salah satu bentuk strategi pemasaran yang benar, tetapi sebuah entitas bisnis tidak bisa selalu bergantung dengan cara ini.

“Menggandeng endorser dari kalangan selebriti memang membantu meningkatkan penjualan dalam jangka pendek. Akan tetapi, hal ini mungkin tidak akan efektif untuk jangka panjang,” begitu terang Xiaohan Tay, Senior Market Analyst IDC.

Dari tinjauan efektivitas marketing, para duta merek pun sebenarnya tidak bisa dipilih asal. Salah satu pertimbangannya yakni apakah brand ambassador tersebut sesuai dengan kelas konsumen yang ditarget. Endorser juga selayaknya bisa memanfaatkan kelebihan dari produk yang dipercayakan pada mereka.

“Para vendor harus terus berpikir out of the box untuk membuat masyarakat antusias dengan tiap produknya, mengingat setiap produk sebenarnya punya diferensiasi yang berpotensi membuat konsumen tergiur walau hanya sedikit,” tandas Tay seperti dikutip dari rilis pers IDC (15/8/16).

 

Baca juga:

BERAPA HARGA OPPO F1S DI INDONESIA?

DOYAN SELFIE, CHELSEA ISLAN DAN REZA RAHARDIAN JADI DUTA OPPO F1S TERBARU

WOW, TIAP DETIK ADA 1 OPPO F1S TERJUAL DI INDONESIA