Technologue.id, Jakarta – Anda mungkin termasuk orang yang merasa kalau Lebaran bukan momen sepele. Selain hanya dirayakan setahun sekali, di momen ini kedekatan antarmanusia terasa sangat luar biasa. Tak hanya di antara keluarga, Lebaran juga jadi sarana bersilaturahmi dan berkumpul bagi sanak saudara yang mungkin tak Anda temui dalam beberapa bulan atau tahun terakhir.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengabadikan momen Lebaran ini dengan kamera smartphone Anda. Untuk membuat visualisasinya lebih menarik lagi saat diunggah di media sosial, dicetak atau bahkan dijadikan konten virtual reality, coba pakai aplikasi Android pilihan redaksi berikut.

Baca juga:

5 Smartphone Paling Gres di Indonesia yang Layak Ditebus Pakai THR Anda

Bikin Foto Lebaran Anda Lebih "Aesthetic" Pakai 5 Aplikasi Ini!
Huji Cam (source: Google Play Store)

1. Huji Cam
Aplikasi yang dikembangkan oleh Manhole Inc. ini memfasilitasi Anda untuk membuat hasil foto ala zaman 90-an. Pilihan efek dan filter yang tersedia di aplikasi ini mungkin akan mengingatkan orang tua atau saudara Anda lain yang lebih tua akan kamera film yang pernah mereka pakai.

- Advertisement -

Yang menarik, Anda dapat mengustomisasi tanggal pengambilan foto itu lho!

Bikin Foto Lebaran Anda Lebih "Aesthetic" Pakai 5 Aplikasi Ini!
Font Lab (source: Google Play Store)

2. Font Lab
Font Lab adalah satu dari sekian aplikasi tipografi terbaik yang ada di Play Store. Anda bisa menambahkan beragam teks dari pelbagai font dan bahasa ke foto Anda untuk meningkatkan nilai estetikanya. Ada lebih dari 270 stiker yang dapat Anda pilih untuk membuat foto memorable Anda lebih layak mendapat banyak like saat diunggah ke media sosial.

Masih kurang? Manfaatkan juga puluhan filter bawaan Font Lab.

Baca juga:

Ini Kiat Menjawab Pertanyaan yang Kerap Muncul Saat Momen Idul Fitri

Bikin Foto Lebaran Anda Lebih "Aesthetic" Pakai 5 Aplikasi Ini!
Prisma (source: Google Play Store)

3. Prisma
Nama Prisma belakangan sempat booming. Aplikasi pengedit foto ini bisa menampilkan kesan estetika dalam foto Anda lebih baik dengan filter-filter berbasis artificial intelligence (AI)-nya. Mau mempunyai foto dengan model lukisan Picasso? Bisa-bisa saja! Pun dengan 250 lebih style lainnya.

Bikin Foto Lebaran Anda Lebih "Aesthetic" Pakai 5 Aplikasi Ini!
Cardboard Camera (source: Google Play Store)

4. Cardboard Camera
Di era secanggih sekarang, mengapa Anda tak mencoba mengabadikan momen dengan virtual reality (VR)? Yup, foto VR memungkinkan Anda tak cuma menikmati gambar, tetapi juga suara dan situasi saat foto tersebut diambil. Alhasil, mengabadikan momen bersama keluarga dan orang-orang terdekat menggunakan Cardboard Camera jadi ide yang sangat bagus. Tambahan yang mungkin perlu Anda siapkan adalah VR headset, supaya Anda dapat menikmati jepretan aplikasi karya Google ini secara imersif.

Baca juga:

Penting! Ini Tips Agar Anda Tidak Menjadi Korban Tiket Palsu Piala Dunia 2018

Bikin Foto Lebaran Anda Lebih "Aesthetic" Pakai 5 Aplikasi Ini!
Menggunakan mode Focus di Instagram Stories (Ulwan Fakhri Noviadhista / Technologue.id)

5. Instagram
Apakah Anda menganggap Instagram hanyalah aplikasi media sosial? Jika iya, sepertinya, Anda belum mengeksplorasi aplikasi milik Facebook Inc. itu sepenuhnya. Instagram sejatinya memiliki sejumlah fitur untuk membuat foto Anda lebih menarik di Stories-nya, misalnya doodle, sticker, hingga mode Focus.

Mode Focus ini bisa membantu Anda menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang lumayan ciamik. Coba saja!