Technologue.id, Jakarta – Rasa-rasanya, hampir setiap netizen merasa sebal ketika menemukan iklan di layar saat sedang asyik browsing atau menggunakan aplikasi. Namun di industri digital ini, iklan semakin sulit dihindari. Memang ada aplikasi atau ekstensi ad-blocker, tetapi proteksinya pun tak menyeluruh.

Akan tetapi yang paling menyebalkan justru ketika produk digital yang seharusnya tidak memuat iklan malah bertingkah sebaliknya. Setidaknya, itulah yang dialami sejumlah pengguna gawai HTC.

Dari laporan pengguna Reddit dengan username Azirack, HTC 10-nya tiba-tiba menampilkan banner ad tepat di atas keyboard gawainya. Hal ini terjadi setelah mereka meng-update aplikasi papan tombol TouchPal, yang disediakan pre-installed di beberapa smartphone model baru Huawei.

Keyboard HTC memunculkan iklan yang cukup mengganggu (source: Reddit / Azirack)

Tentunya pemandangan iklan yang muncul tak pada tempatnya ini mengganggu. Sangat aneh sekali ketika aplikasi keyboard bawaan vendor justru memunculkan iklan layaknya aplikasi “liar”.

Ternyata, hal ini disebabkan adanya eror. Developer TouchPal telah mengakui isu ini dan menyatakan problem berhasil diperbaiki dari pihak server. Sementara HTC mengakui sekaligus menyayangkan adanya bug ini.

“Karena adanya eror, beberapa pengguna HTC melaporkan melihat iklan di keyboard ponselnya. Jelas, ini bukan hal yang kami sengaja dan kami langsung memperbaiki eror ini dan menghapus iklan tersebut secepatnya,” jelas pihak HTC, seperti dikutip dari Engadget (16/07/17).

Ada-ada saja, ya.

 

Baca juga:

HTC U11 Selamatkan Bisnis HTC, Sekeren Apa Sih Speknya?

Spesifikasi HTC U11, Lawan Tangguh Bagi Samsung Galaxy S8

Mei 2017, HTC U11 Punya Skor Antutu Tertinggi