Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Bing vs. Google: Siapa yang Akan Jadi Mesin Pencari Utama Samsung?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Bing berpotensi menjadi mesin pencari utama pada perangkat Samsung, menggantikan Google. Hal ini dimungkinkan setelah adanya integrasi fitur AI ChatGPT pada Bing.

Jika ini terjadi, peralihan ini berarti Samsung akan mengambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru setelah mengandalkan Google sebagai mesin pencari utama sepanjang 12 tahun terakhir.

Dilansir dari The New York Times, pesan internal perusahaan yang sempat bocor di internet bulan Maret lalu menunjukkan adanya "ketakutan" di kalangan karyawan Google terkait kemungkinan peralihan Samsung ke Bing.

Selain itu saham Alphabet Inc juga mengalami penurunan hingga hampir 4% pada hari Senin lalu setelah rumor pergantian ini mulai beredar. Perubahan ini menunjukkan adanya dukungan yang semakin besar bagi perusahaan-perusahaan yang unggul dalam perlombaan pengembangan AI. Menurut pesan internal perusahaan yang bocor di internet, jika Google digantikan, mereka berisiko kehilangan US$3 miliar dari pendapatan tahunannya yang berada di kisaran angka US$162 miliar. 

Bing menjadi salah satu mesin pencari pertama yang menghadirkan fitur AI bagi penggunanya, dan fitur tersebut telah ditingkatkan pada bulan Februari untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik. Microsoft, pemilik Bing, terus mengejar fitur kecerdasan buatan lainnya, termasuk generator gambar Bing.

Baca Juga:
Google Maps Uji Coba Fitur Baru Terkait Kesehatan

Meskipun Google telah berusaha untuk bersaing dengan para rivalnya dalam perlombaan AI, mereka telah mengalami banyak kemunduran termasuk kerugian sebesar 100 miliar USD pada awal Februari ketika chatbot mereka, Bard, memberikan sebuah informasi yang tidak akurat, dan informasi tersebut muncul dalam video promosi Bard.

Dalam hal ini, Bing dapat mengambil kesempatan untuk menjadi mesin pencari utama di perangkat Samsung jika Google terus mengalami masalah dengan AI mereka. Bing dapat menjadi alternatif yang unggul dan dapat memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik bagi pengguna Samsung. Dalam dunia yang semakin kompetitif, perusahaan yang unggul dalam pengembangan AI akan memperoleh keunggulan bersaing. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan AI sangat penting dalam persaingan di pasar mesin pencari.

SHARE:

Jobstreet Manfaatkan Teknologi AI Bantu Aktivitas Perekrutan Pencari dan Pemberi Kerja

Jalani 5 Tahun, Kolaborasi Evos dan Axis Dorong Tumbuhnya Ekosistem Esports