Technologue.id, Jakarta – Menjelang Lebaran tahun ini, tahukah Anda kalau sejumlah pabrik ponsel ternama sudah merilis produk-produk anyar? Tak cuma vendor selevel Samsung yang merilis smartphone-nya di Indonesia, tetapi juga Oppo, Lenovo, hingga Huawei.

Kebetulan, kalau Anda ingin membelanjakan uang THR yang sudah di tangan, gadget-gadget berikut berhak untuk Anda miliki, mengingat spesifikasi dan fiturnya yang sangat kekinian. Penasaran? Berikut rangkuman yang sudah disiapkan redaksi:

1. Oppo F1 Plus
Diluncurkan pada April lalu, Oppo F1 Plus ternyata begitu diminati oleh konsumen Tanah Air. Bersama F1, porsi penjualan F1 Plus saja bahkan mencapai sekitar 30 persen dari total penjualan Oppo.

Oppo F1 Plus (eksklusif)
Oppo F1 Plus (eksklusif)

Oppo F1 Plus layak ditebus karena smartphone ini begitu fokus memanjakan pencinta selfie. Kamera depannya beresolusi 16MP, lebih tinggi dari shooter utamanya yang cuma 13MP. Selain itu, ponsel 5,5 inci ini juga mempunyai RAM 4GB, memori internal 64GB plus slot microSD, sensor sidik jari, OS Android Lollipop, serta baterai berkapasitas 2.850mAh. Oppo F1 Plus dibanderol dengan harga Rp 5,5 juta.

- Advertisement -

Sebagai gambaran, Oppo adalah vendor smartphone yang pertumbuhan penjualannya di Indonesia sangat fantastis. Pada Q1 2016, YoY Oppo bahkan mencapai 187 persen.

2. Samsung Galaxy J3 (2016)
Ini dia gadget yang cocok untuk kelas menengah. Selain dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 2,4 juta, Galaxy J3 (2016) juga dijejali dengan spesifikasi yang lumayan.

Samsung Galaxy J3 2016 (source : Sammobile)
Samsung Galaxy J3 2016 (source : Sammobile)

Lihat saja, jeroannya dihuni prosesor Quad-Core 1.5GHz, RAM 1,5GB, OS Android Lollipop, serta baterai 2.600mAh. Sementara untuk kamera, ponsel 4G ini mempercayakan pada kamera beresolusi 8MP dan 5MP.

Smartphone yang baru masuk Indonesia di bulan Juni 2016 ini cocok untuk pengguna muda yang aktif di jejaring sosial. Selain desainnya stylish, handset 5 inci ini turut dibekali dengan Ultra Data Saving (UDS), fitur yang bisa menghemat konsumsi data, sehingga user tak perlu takut kuota internet cepat habis.

3. Huawei GR5
Mengusung layar 5,5 inci, ponsel yang satu ini punya fitur premium, yakni teknologi fingerprint 2.0. Kinerja sensor sidik jari ini diklaim lebih aman dan cepat.

Huawei GR5 (eksklusif)
Huawei GR5 (eksklusif)

Namun terlepas dari itu, produk yang juga punya nama lain Honor X5 ini juga punya spesifikasi menarik. Sebut saja Qualcomm Snapdragon 616 octacore dipadu RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Kamera utamanya 13 MP dan kamera depan 5MP serta baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Huawei membanderol seri GR5 seharga Rp 3,599 juta.

4. Lenovo Vibe K5 Plus
Lenovo menitikberatkan Vibe K5 Plus sebagai ponsel yang tak cuma berperan sebagai alat komunikasi biasa. Namun, handset 5 inci ini siap memfasilitasi user yang membutuhkan konten hiburan virtual reality dari perangkat mobile-nya. Ya, dengan teknologi Lenovo TheaterMax, Vibe K5 Plus dapat mengubah setiap konten multimedia menjadi konten VR.

Lenovo Vibe K5 Plus (source : Techradar)
Lenovo Vibe K5 Plus (source : Techradar)

Spesifikasi secara keseluruhan Vibe K5 Plus layak disebut lumayan baik. Jeroannya dihuni oleh SoC Snapdragon 616 Octa-Core, OS Android Lollipop, RAM 2GB, ROM 16GB, serta kamera 13MP dan 5MP.

Asyiknya karena di-bundling oleh Smartfren, Anda bisa menikmati layanan voice over LTE (VoLTE) di 188 kota dan kabupaten di Indonesia. Kalau berminat, siapkan Rp 2,249 juta untuk menebus smartphone ini.

5. Samsung Galaxy S7 Edge
Flagship teranyar Samsung ini masuk ke Indonesia bulan Maret kemarin bersamaan dengan saudaranya, Galaxy S7. Produk berdesain elegan ini telah di-upgrade kualitas kameranya. Dengan teknologi dual-pixel, jepretan Galaxy S7 Edge menjadi setara dengan hasil gambar kamera profesional.

Galaxy S7 Edge (source : Cnet)
Galaxy S7 Edge (source : Cnet)

Smartphone Rp 10 jutaan ini juga cocok untuk user yang doyan bermain game. Dengan Vulkan API, performa grafis game yang dimainkan menjadi lebih berkualitas.

Spesifikasi handset 5,5 inci ini antara lain SoC Snapdragon 820, RAM 4GB, ROM 32/64GB, sensor sidik jari, kamera belakang 12MP dan kamera depan 5MP yang sama-sama memiliki aperture f/1.7, serta baterai 3.600mAh.

Share this