Bingung Lafalkan Kata-kata Asing? Google Punya Guidenya

 

Technologue.id, Jakarta – Mesin pencarian Google meluncurkan fitur baru yang akan membantu pengguna memeriksa pelafalan kata-kata asing dengan machine learning.

Saat pengguna ingin mencari tahu pelafalan yang benar, pengguna hanya perlu berbicara kearah microphone. Nantinya Google dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) akan menganalisa pelafalan dari pengguna. Pengguna kemudian akan menerima umpan balik tentang bagaimana setiap suku kata diucapkan menurut Google.

Google mengatakan ini eksperimental dan untuk sekarang ini hanya tersedia di ponsel. Panduan pelafalan juga hanya berfungsi untuk kata-kata bahasa Inggris Amerika, dan Google mengatakan pelafalan untuk bahasa Spanyol sesegera mungkin akan menyusul.

Google juga meningkatkan terjemahan dan definisi kata-katanya dengan petunjuk visual. Jadi, jika pengguna mencoba menerjemahkan “Naranja” dari bahasa Spanyol ke bahasa Inggris misalnya, pengguna juga akan melihat gambar jeruk bersama dengan kata yang diterjemahkan.

Sementara jika Anda mencari arti kata “seal,” Anda akan diperlihatkan gambar segel mekanis, dan mamalia laut, jadi tidak ada kebingungan di sana.

Google mengatakan terjemahan gambar ini untuk sementara hanya akan berfungsi dalam bahasa Inggris dan untuk jenis kata yang paling mudah divisualisasikan seperti kata benda. Tetapi pihaknya berencana untuk memperluas cakupan di masa depan.

Kedua fitur ini memberi manfaat lebih selain sebagai mesin pencariannya, tapi juga menjadi panduan bahasa yang lebih baik.