Technologue.id, Jakarta – Sudahkah Anda mencoba aplikasi Prisma di smartphone Anda? Aplikasi editor foto itu belakangan menjadi populer setelah masuk ke platform Android secara resmi akhir Juli lalu, setelah dulunya hanya melayani pengguna iPhone.

Dengan Prisma, jepretan yang Anda hasilkan menjadi tampak lebih berseni, berkat AI yang mampu menganalisis foto dan filter yang artistik. Pemakaiannya pun begitu mudah, bahkan lebih simpel daripada mengedit via Instagram.

Sayang, Prisma belum menyediakan layanannya untuk desktop. Namun, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Prisma Bot semisal ingin memanipulasi file foto yang ada di laptop tanpa perlu memindahkannya ke smartphone terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah memanfaatkan Prisma Bot:

- Advertisement -

1. Buka Telegram versi desktop yang Anda miliki, boleh aplikasi standalone untuk PC, Mac, atau Linux maupun versi web. Kali ini, redaksi menggunakan Telegram web.

2. Tambahkan Prisma Bot ke Telegram Anda. Lalu klik Start untuk memulai.

3. Secara otomatis, bot tersebut akan menyarankan Anda untuk membuka filter, yakni dengan mengetikkan command /filter di kolom chat.

Cara menggunakan Prisma Bot (source: Technologue.id)
Cara menggunakan Prisma Bot (source: Technologue.id)

4. Perintah Anda bakal dibalas oleh bot dengan merekomendasikan tiga filter. Namun kalau masih belum menemukan filter yang Anda inginkan, pilih opsi ‘More’. Kalau sudah cocok dengan salah satu filter, klik ‘Use filter (nama filter)’ di bawah contoh filter yang tersedia.

5. Sekarang, unggah foto yang ingin Anda edit dari harddisk laptop. Biarkan proses uploading dan editing selesai dengan sendirinya. Sekadar tips, pastikan internet Anda lancar dan stabil. Karena, seperti aplikasi mobile-nya, Prisma bot membutuhkan koneksi internet untuk beroperasi.

Hasil editing Prisma Bot (source: Technologue.id)
Hasil editing Prisma Bot (source: Technologue.id)

6. Tak lama, bot akan merespons perintah Anda dengan menampilkan foto hasil edit sesuai filter yang sudah Anda pilih tadi. Klik foto tersebut untuk mengunduhnya dengan cara klik kanan ‘Save Image as’ atau memencet tombol download di bagian bawah bar. Anda pun bisa langsung mem-forward gambar tersebut ke teman-teman Anda di Telegram.

Menariknya, hasil editan Prisma Bot tidak membubuhkan watermark logo Prisma. Sementara di aplikasinya, secara default logo Prisma akan muncul di tiap foto kalau tidak dimatikan.

Selamat mencoba!

 

Baca juga:

TIPS MENGHILANGKAN LOGO WATERMARK PRISMA

TRIK MEMBUKA INSTAGRAM STORIES DI LAPTOP

CARA LANGGANAN SPOTIFY SELAMA 3 BULAN DENGAN RP 5.000 SAJA

Share this