Technologue.id, Jakarta – Tahun ini, pasar PC cukup fluktuatif. Kuartal pertama 2018, Gartner mencatat ada penurunan pengkapalan sebesar 1,4 persen dari Q1 2017, dengan shipment 61 jutaan. Namun pada kuartal selanjutnya, pasar PC global tercatat mengalami pertumbuhan untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir, yaitu 1,4 persen dari periode yang sama tahun lalu, dengan shipment 62 jutaan unit.

Baca juga:

Sejak 2012, Baru Kali Ini Pengiriman PC Global Alami Pertumbuhan

Nah, di Q3 2018, Gartner mengklaim shipment PC global kembali naik tipis. Total, ada 67,2 juta unit PC yang disebarkan oleh vendor sedunia ke pasaran, naik 0,1 persen dari Q3 2017.
Memang, persentasenya sangat tipis. Kendati demikian, catatan ini cukup untuk menunjukkan kestabilan bisnis PC selama dua kuartal beruntun.

Baca juga:

- Advertisement -

Arungi Satu Dekade, Bisnis Gaming Dell Kantongi Rp45,6 Triliun

Menurut analis Gartner, Mikako Kitagawa, salah satu yang membuat bisnis PC bergairah kembali adalah Windows 10 yang menggiurkan, sehingga konsumen dari kelas enterprise tertarik untuk upgrade. Selain itu, musim pelajar kembali ke sekolah juga lumayan menggairahkan pasar ini.

“Kami berharap siklus peningkatan Windows 10 akan berlanjut hingga 2020 di mana saat itu permintaan peningkatan akan berkurang,” begitu prediksi Kitagawa.

Baca juga:

Tren Gaming Mobile Belum Lengserkan Penggunaan PC Gaming

Bicara soal vendor PC yang produknya terlaris, Lenovo ada di nomor pertama. Brand asal Tiongkok itu dibuntuti oleh HP, Dell, Apple, Acer, dan Asus. Namun dari enam nama itu, hanya Lenovo, HP, dan Dell yang mengalami pertumbuhan shipment dibandingkan tahun lalu.