Blibli.com Raih Sertifikasi Keamanan Data Pelanggan – Technologue
Blibli.com Raih Sertifikasi Keamanan Data Pelanggan

Blibli.com Raih Sertifikasi Keamanan Data Pelanggan

Technologue.id, Jakarta – Dalam memberikan keamanan data pelanggan, Blibli.com penuhi standar terkait sistem manajemen keamanan informasi dalam mengoperasikan bisnis e-commerce.

Upaya tersebut berhasil menjadikan Blibli.com sebagai e-commerce pertama yang mendapat sertifikasi ISO 27001 dari British Standard Institution (BSI).

Ongkowijoyo, Vice President of Infrastruktur and Technical Support Blibli.com, mengaku telah menerapkan berbagai strategi termasuk di bidang arsitektur IT dan application programming interface (API), untuk memastikan ketahanan keamanan data, baik perusahaan atau pelanggan.

“Standarisasi ini tidak merubah apapun pada transaksi yang dilakukan pelanggan, tapi dengan ini kita bisa memberikan kepastian bahwa data pelanggan aman dan lebih terstruktur,” ungkap Ongkowijoyo disela-sela peresmian sertifikasi ISO 27001 di Jakarta,┬áSelasa (10/12/2019).

Masih menurut Ongko, keamanan siber menjadi tantangan industri digital, ancaman siber dapat menyasar perusahaan digital untuk mengganggu bisnis dan menyasar pelanggan untuk mencuri identitas dan menjualnya ke pihak ke tiga.

Data yang diungkap Intan Rahayu, Kasubdit Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Resiko Perdagangan Berbasis Elektronik BSSN, melaporkan bahwa serangan siber Indonesia tahun 2018 sebanyak 713.878 dan perusahaan yang menggunakan domain co.id paling sering terjadi serangan sebanyak 26 persen.

Erna Damayanti, Managing Director BSI Indonesia, mengatakan, “Blibli.com telah mendapat sertifikat ISO/IEC 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi setelah melalui proses audit yang menyeluruh.”

Erna menjelaskan standar ini telah diakui oleh 164 negara di Indonesia.