DirectBlibli Dinobatkan Menjadi Best Mentoring Partner di Program Magang Kampus Merdeka

Blibli Dinobatkan Menjadi Best Mentoring Partner di Program Magang Kampus Merdeka

Technologue.id, Jakarta – Blibli menerima penghargaan “Best Mentoring Partner Program Magang Kampus Merdeka Batch 1” oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dalam ajang Anugerah Diktiristek 2021. Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan Blibli dalam mengembangkan potensi pengembangan diri yang berkelanjutan dan saling menguntungkan bagi para mentor dan mahasiswa magang.

Program Magang Kampus Merdeka sebagai kebijakan dan program unggulan dari Kemendikbudristek bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja di industri dan mengembangkan hard skill serta softskill. Dengan demikian, mahasiswa bisa lebih siap dalam memasuki dunia kerja dan merintis karirnya. Program Magang Kampus Merdeka bekerja sama dengan mitra-mitra perusahaan terkemuka yang berfokus pada transformasi digital, agar para mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengikuti program ini, termasuk dalam menambah bekalnya menjadi talenta digital yang berdaya saing utamanya dalam mengisi kebutuhan 600.000 talenta digital Indonesia per tahunnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Apresiasi ini menjadi motivasi bagi Blibli untuk terus memperkuat kemampuan dalam membentuk lebih banyak talenta digital berkualitas di Indonesia secara berkelanjutan yang mampu mendorong kemajuan bangsa, khususnya memaksimalkan potensi negeri sebagai pusat ekonomi digital di Asia Tenggara,” ujar Sandra Kumalasari, Executive Vice President of People Operation & General Services Blibli. Ia menambahkan, “Blibli percaya bahwa untuk memajukan bangsa dibutuhkan talenta terbaik yang bukan hanya siap secara hard skill namun juga soft skill; dan karenanya Blibli selalu berusaha untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan talenta di indonesia. Terlebih lagi bagi Blibli sendiri talenta adalah aset terpenting dalam perusahaan. Melalui program magang Kampus Merdeka ini, Blibli percaya bahwa bukan hanya kemampuan para mahasiswa saja yang diperkaya, namun Bliblioneers yang berperan sebagai mentor-pun juga memperoleh manfaat, karena proses pembelajaran tidak terbatas dan para mentor juga dapat belajar dari para mentee serta meningkatkan kemampuan leadership mereka.”

Sementara itu, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, mengungkapkan, “Kami mengapresiasi komitmen Blibli dalam menjalankan upaya yang luar biasa sebagai salah satu mitra Program Magang Kampus Merdeka. Kami harap, ini dapat menjadi inspirasi bagi mitra-mitra lainnya untuk bersama-sama menghadirkan lingkungan kerja terbaik bagi generasi muda dan memberikan mereka bekal berharga untuk meniti karier, termasuk dalam berprofesi di bidang teknologi.” Ia menambahkan, tahun lalu terdapat 300 ribu mahasiswa yang datang dari 2.100 perguruan tinggi dari seluruh wilayah Indonesia yang mendaftar dalam program tersebut, tahun 2022 tersedia kuota untuk 50 ribu mahasiswa dengan pembukaan pendaftaran terdiri dari dua gelombang yakni Januari-Juni dan Juli-Desember 2022.

Menjawab kebutuhan talenta digital melalui Program Magang Kampus Merdeka

Potensi industri ekonomi digital Indonesia diprediksi akan mencapai USD 146 miliar (sekitar Rp2.098 triliun) pada 2025. Nilainya pun diperkirakan dapat terus tumbuh menjadi Rp4.531 triliun di 2030. Seiring dengan potensi yang besar tersebut, Indonesia juga memiliki kebutuhan yang tinggi akan talenta digital berdaya saing agar kemajuan ekonomi digital di Tanah Air dapat maksimal dan manfaatnya bisa dirasakan oleh lebih banyak masyarakat secara merata.12

Memahami hal tersebut, Blibli berkomitmen untuk aktif berkontribusi membentuk masa depan para talenta digital Indonesia. Beberapa di antaranya adalah pengembangan AI untuk customer service, solusi omnichannel yang terintegrasi, hingga solusi fulfillment yang seamless. Maka dari itu, Blibli menjadi tempat yang ideal bagi para peserta magang dalam merasakan langsung lingkungan industri digital yang tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Program Magang Kampus Merdeka di Blibli

Pada partisipasinya di Program Magang Kampus Merdeka Batch 1, seluruh 24 mahasiswa yang lolos seleksi telah menyelesaikan program dengan baik. Selama program berlangsung, mereka dibimbing oleh 19 mentor berpengalaman dan ahli di bidangnya. Kini, Blibli tengah menjalankan Program Magang Kampus Merdeka Batch 2, memberdayakan 37 mahasiswa yang menempati 13 posisi pekerjaan di Blibli selama 6 bulan (Februariā€“Juli 2022). Blibli memastikan bahwa keberhasilan Blibli menyelenggarakan Program Magang Kampus Merdeka Batch 1 akan dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga seluruh mahasiswa peserta magang dapat menjadi praktisi terbaik di industri.

Dilandasi budaya kerja R.E.S.P.E.C.T ( Risk Taking, Excellence, Serving, Passionate & Proud, Encourage Growth & Innovations, Customers Focus, dan Team Work Oriented), para mahasiwa magang akan terlibat dalam empat kategori program dalam Kampus Merdeka batch 2, yaitu Future (Software Development Engineer, Software Development Engineer in Test, UI/UX, Product Management, Project Management, Infra, dan Data), TED-X (Talent Enhancement & Development Xperience), Bimasakti (Content, Event Activation, Creative, Community, Social Media), dan Ops Super Troopers (Operations), di mana Future dan Bimasakti menjadi program yang paling banyak diminati.

FUTURE adalah salah satu pionir program magang di Blibli untuk menjaring talenta di bidang teknologi, dalam hal ini termasuk produk & manajemen proyek sejak mereka masih dalam bangku kuliah. Hal ini diharapkan dapat mengembangkan talenta muda dan menjadi jawaban atas kesenjangan kebutuhan akan talenta digital di Industri. TED-X adalah salah satu program magang di bidang HR untuk mengembangkan kemampuan pemagang di bidang pelatihan dan talent development. Bimasakti adalah program untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan desain kreatif dalam lingkup organisasi dan menaikkan employer brand secara internal dan eksternal Ops Super Troopers adalah program untuk pemagang yang tertarik untuk mendalami proses operation internal Blibli.

“Kami sangat senang bahwa minat anak-anak muda untuk magang di Blibli begitu besar, bahkan jumlah pendaftar naik 3x lipat dari batch sebelumnya. Di bawah bimbingan mentor terbaik, mereka akan terlibat langsung dalam berbagai inovasi san solusi masa kini untuk menyempurnakan pengalaman gaya hidup digital pelanggan dalam ekosistem e-commerce yang terintegrasi, kesempatan bekerja dalam lingkungan profesional berlandaskan budaya perusahaan R.E.S.P.E.C.T serta bagi talenta terbaik akan mendapatkan tiket emas direkrut oleh Blibli,” tutup Sandra.

Related articles

Tak Mau Kalah dari GoTo, Tiket.com dan Blibli Digosipkan Merger dan Melantai di BEI

Technologue.id, Jakarta - Kesuksesan GoTo melantai di lantai bursa...

Blibli Hadirkan Tampilan Baru untuk Apresiasi Partner Terbaik

Technologue.id, Jakarta - Blibli terus berupaya meningkatkan kualitas layanan...

Bulan Puasa, Saatnya Ganti Peralatan Dapur di Rumah

Technologue.id, Jakarta - Ada yang menarik dari hasil Survei...

Google berikan 2.000 beasiswa IT Support Certificate untuk Telkom University

Technologue.id, Jakarta - Google mengumumkan dukungan sebanyak 2.000 beasiswa...

Lazada Ungkap Poin Keterampilan Utama Bagi Talenta Digital

Technologue.id, Jakarta - Lazada Indonesia membeberkan berbagai temuan dari...