Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Blibli Dukung Bulan Inklusi Keuangan (BIK) OJK Melalui Literasi dan Inklusi Keuangan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Blibli, e-commerce lokal terdepan, mendukung Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sepanjang bulan Oktober ini. Selama BIK, Blibli akan mengadakan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Kegiatan tersebut termasuk berkolaborasi bersama sejumlah pemain terdepan dalam industri teknologi keuangan untuk menggelar sederet webinar antara 13 - 16 Oktober yang akan streaming melalui situs resmi Bulan Inklusi Keuangan 2020, yaitu www.bik2020.id di bagian BIK Expo, Fintech & E-commerce. Topik yang akan dibahas antara lain adalah peningkatan inklusi keuangan melalui berbelanja online, investasi, serta adaptasi transaksi di era digital banking dan cashless society.

BIK juga berlangsung bertepatan dengan beragam festival belanja di Blibli, termasuk Blibli Histeria 2020 sebagai bagian dari Hari Belanja Online (Harbolnas) 10.10. Blibli juga sedang menggelar Festival Nasi Online serta Bazaar Produk Lokal yang bertujuan membantu seller, khususnya UMKM, untuk mempertahankan usaha dengan berjualan online. Selain itu, festival-festival belanja ini menghadirkan ragam penawaran spesial untuk membantu pelanggan agar tetap bisa membeli produk kebutuhan mereka walau di tengah keadaan finansial yang menantang.

Berdasarkan hasil survei OJK 2019, indeks inklusi keuangan masyarakat Indonesia sudah meningkat menjadi 76,19% dalam 3 tahun, dimana indeks literasi keuangan ada di angka 38,03%. Angka tersebut menunjukkan bahwa masih terdapat banyak ruang untuk mendorong literasi keuangan, sehingga masyarakat benar-benar paham mengenai produk dan layanan keuangan sesuai kebutuhan mereka. Hal ini juga untuk mendukung arahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan inklusi keuangan menjadi 90% dalam tiga tahun ke depan.

Yolanda Nainggolan, VP of Public Relations, mengatakan, "Dengan semangat Customer Satisfaction First, Blibli memastikan bahwa para seller dan pelanggan tidak saja mendapatkan fitur dan solusi keuangan terlengkap, namun juga mempunyai literasi keuangan yang baik supaya bisa memaksimalkan fasilitas yang tersedia di ekosistem e-commerce kami. Kepiawaian seller dan pelanggan dalam menggunakan fitur dan solusi keuangan, terutama digital, akan memperlancar konsumsi dan transaksi, dua kegiatan yang akan mempercepat pemulihan ekonomi di era normal baru."

Ekosistem e-commerce yang disediakan oleh Blibli meliputi teknologi layanan keuangan luas, mencakup 10 metode pembayaran bersama total 38 mitra yang meliputi uang elektronik, kartu kredit/debit, internet banking, dan transfer virtual account. Blibli juga menyediakan PayLater sebagai fasilitas kredit yang memungkinkan pelanggan berbelanja sekarang dan membayar nanti. Lengkapnya pilihan mempermudah pelanggan bertransaksi menggunakan metode yang paling praktis bagi mereka.

Selain itu, Blibli juga menyediakan solusi omnichannel yang mengintegrasikan kanal online dan offline milik seller. Melalui Blibli InStore, Blibli Click & Collect, dan Blibli Mitra, seller bisa menghubungkan toko offline mereka ke fitur dan teknologi layanan keuangan digital di ekosistem Blibli, sehingga dapat memperlancar transaksi dengan pelanggan.

Untuk meningkatkan keamanan data dalam bertransaksi, Blibli telah menerapkan protokol keamanan data sesuai standar. Blibli pun menjadi e-commerce pertama yang mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001 dan mendapatkan skor tertinggi di indeks KAMI oleh BSSN sebab telah memenuhi keseluruhan standar terkait sistem manajemen keamanan informasi.

"Dengan menyediakan layanan transaksi pembayaran yang lengkap dan aman kepada seluruh seller dan pelanggan, kami berharap dapat mendukung pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat pada produk layanan jasa keuangan sebagai bagian dari upaya Pemulihan Ekonomi Nasional," lanjut Yolanda.

Berbagai upaya ini merupakan perwujudan komitmen Blibli untuk selalu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan. Hal ini tentunya sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care. #KarenaKamuNo1.

SHARE:

Indonesia Miliki Potensi Ekonomi Digital Terbesar, Kominfo Dorong Sektor UMKM

FedEx Garap Patform e-Commerce Khusus Penjual