Technologue.id, Jakarta – Berkarir menjadi seorang YouTuber tidak memandang usia. Semua orang memiliki peluang yang sama untuk mengantongi penghasilan tinggi dari channel YouTube. Seperti halnya Ryan Kaji, bocah berusia 8 tahun yang didapuk menjadi YouTuber dengan bayaran tertinggi sepanjang tahun ini.

Berdasarkan daftar yang diterbitkan oleh Majalah Forbes baru-baru ini, penghasilan Youtuber cilik itu sebesar US$ 26 juta atau Rp 363 miliaran pada tahun 2019 hanya dari saluran YouTube-nya yang bernama “Ryan’s World”.

Baca Juga:
Lelah, PewDiePie Putuskan Rehat

Kaji, yang bernama asli Ryan Guan, bahkan sudah menjadi penghasil tertinggi dalam platform video itu sejak 2018, dengan US$ 22 juta (sekitar Rp 310 miliar), sesuai yang dikutip dari GadgetsNDTV (19/12/2019).

Orang tua Ryan pertama kali meluncurkan channel “Ryan’s World” pada 2015, yang kala itu Ryan baru berusia tiga tahun. Siapa sangka channel YouTube itu langsung melejit karena mampu mengantongi lebih dari 22 juta pelanggan.

Konten video yang disajikan mengangkat tema ringan diantaranya mereview mainan seperti lego dan mobil-mobilan. Kategori yang paling populer adalah video ‘Unboxing’ kotak mainan dan menjajal permainan tersebut.

Baca Juga:
Dear Youtuber, Waspada Phisher Menargetkan Akun Anda

Beberapa video pun telah mengumpulkan lebih dari satu miliar views, dan channel milik Ryan saat ini telah menerima hampir 35 miliar view sejak pembuatannya, menurut data dari situs web analytics Social Blade.

Channel ini juga berevolusi seiring bertambahnya usia Ryan, sekarang menawarkan lebih banyak video pendidikan selain mainan.