Bocoran Smartphone Anyar Microsoft Beredar, Kapan Rilis?

Ilustrasi smartphone Microsoft (source: Microsoft)

Technologue.id, Jakarta – Tahun lalu, Microsoft merilis Lumia 950 dan 950 XL. Sayangnya, dua flagship itu tak bisa memenuhi ekspektasi yang dibebankan di tengah berkuasanya Android dan iOS. Buktinya, handset dengan OS Windows pun saat ini masih sangat kecil.

Namun, perusahaan yang dinakhodai oleh Satya Nadella itu tampaknya tak mau menyerah begitu saja. Mereka dikabarkan tengah menyiapkan brand smartphone baru, yakni Surface Phone.

Dari bocoran yang dihimpun PhoneRadar (28/11/16), smartphone tersebut akan memakai prosesor Qualcomm terbaru, yakni Snapdragon 835, OS Windows 10 Mobile, Quick Charge 4.0, serta tersedia dalam varian RAM 4GB dan 6GB.

Selain itu, fitur lain yang kemungkinan bakal dijumpai di Surface Phone adalah sudah mendukung aplikasi X86 di mode Continuum. Fitur ini sebenarnya sudah ditawarkan oleh Lumia 950 dan 950 XL. Dalam mode Continuum, maka user bisa mengoneksikan monitor, keyboard, dan mouse ke smartphone Microsoft, lalu menggunakannya layaknya PC ber-OS Windows 10.

Jika sudah dirilis nanti, Surface Phone akan menjadi karya pertama Microsoft di industri smartphone setelah ‘bercerai’ dengan Nokia serta memensiunkan Lumia. Langkah ini patut dinantikan seperti apa dampaknya, karena Google pun telah menempuh cara serupa belum lama ini.

Akan tetapi, yang perlu digarisbawahi dari rumor ini adalah tanggal perilisan Surface Phone masih sangat samar. Bisa jadi, ponsel yang diyakini berlayar 5,5 inci dengan resolusi Quad-HD ini baru diresmikan akhir 2017.

 

Baca juga:

Dengan Windows 10 Pro, Microsoft Jamin UKM Indonesia Bisa Digdaya

Seperti Apa Rasanya Magang di Microsoft, Google, atau Uber?

Ini Spek Minimum PC Agar Kompatibel dengan VR Headset Microsoft